Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, dan Seluruh Anggota Keluarga Lengkap Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

- 18 April 2022, 11:05 WIB
ilustrasi - Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri,  istri, anak, dan seluruh anggota keluarga, bacaan Arab, latin, dan terjemahan bahasa Indonesia.
ilustrasi - Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri, istri, anak, dan seluruh anggota keluarga, bacaan Arab, latin, dan terjemahan bahasa Indonesia. /Pixabay/aieed

BERITA DIY - Simak niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri,  istri, anak, dan seluruh anggota keluarga, bacaan Arab, latin, dan terjemahan bahasa Indonesia.

Pada bulan Ramadhan mendekati Idul Fitri umat Islam diwajibkan untuk membayar zakat fitrah, Adapun zakat fitrah adalah suatu harta dengan kadar tertentu yang wajib dikeluarkan oleh setiap umat Islam.

Selain itu membayar zakat fitrah bisa menggunakan beras atau makanan pokok di masing-masing daerah.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Doa Ijab Qobul Zakat Fitrah Diri Sendiri atau Mewakili Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Dikutip dari laman pondok pesantren Lirboyo, secara bahasa fitrah dapat diartikan sebagai naluri manusia yang masih bersih, yang berarti zakat fitah dapat mensucikan badan dan meningkatkan amaliyah.

Syarat wajib zakat bagi umat Islam adalah beragama Islam dan merdeka (bukan budak atau hamba sahaya), lalu mempunyai kelebihan makanan atau harta dari kebutuhannya di Hari Raya Idul Fitri.

Waktu membayar zakat fitrah bagi umat Islam yakni sejak awal bulan Ramadhan hingga memasuki waktu akhir Ramadhan (malam Hari Raya Idul Fitri).

Baca Juga: Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Istri, Anak Lengkap Latin: Besaran Beras dan Nilai Uang

Zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap umat Islam, baik laki-laki, perempuan, anak kecil, orang tua, hingga bayi baru lahir di akhir Ramadhan.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x