Bacaan Niat Bayar Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Anak, dan Keluarga Lengkap Arab, Latin, serta Artinya

- 15 April 2022, 18:00 WIB
Ilustrasi - bacaan niat bayar zakat fitrah untuk diri sendiri, anak, dan keluarga dilengkapi tulisan Arab, latin, serta artinya dalam bahasa Indonesia.
Ilustrasi - bacaan niat bayar zakat fitrah untuk diri sendiri, anak, dan keluarga dilengkapi tulisan Arab, latin, serta artinya dalam bahasa Indonesia. /Freepik.com/freepik

BERITA DIY - Berikut informasi bacaan niat bayar zakat fitrah untuk diri sendiri, anak, dan keluarga dilengkapi tulisan Arab, latin, serta artinya dalam bahasa Indonesia.

Setiap muslim diwajibkan untuk bayar zakat fitrah pada saat bulan Ramadhan sebelum hari raya Idul Fitri.

Adapun saat bayar zakat fitrah diwajibkan membaca doa niat terlebih dahulu baik ketika melakukan zakat untuk untuk diri sendiri, keluarga, anak, bahkan mewakili orang lain.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Doa Ijab Kobul Zakat untuk Mewakilkan Orang Lain dan Waktu yang Dilarang untuk Bayar Zakat

Dikutip dari baznas.go.id, zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan sebelum Idul Fitri.

Perintah untuk melaksanakan zakat fitrah tertuang dalam salah satu hadist yang diriwayatkan Ibnu Umar ra berikut:

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim)

Baca Juga: Besaran Zakat Fitrah 2022 yang Harus Dibayar: DKI Jakarta hingga 27 Kota dan Kabupaten di Jawa Barat

Di dalam Al Quran perintah untuk melaksanakan zakat terdapat dalam sejumlah surah, salah satunya adalah Surat At Taubah ayat 103 yang berbunyi:

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x