Pengertian Zakat dalam Islam dan Waktu Terbaik Membayarkan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

- 13 April 2022, 10:35 WIB
Ilustrasi uang untuk membayar zakat. Penjelasan mengenai zakat dalam agama Islam dan waktu membayarkan zakat fitrah dan zakat mal yang sesuai dengan hukum Islam.
Ilustrasi uang untuk membayar zakat. Penjelasan mengenai zakat dalam agama Islam dan waktu membayarkan zakat fitrah dan zakat mal yang sesuai dengan hukum Islam. /Freepik.com/freepik

BERITA DIY – Simak penjelasan zakat dalam agama Islam, perbedaan zakat fitrah dan zakat mal, dan waktu terbaik membayarkan zakat fitrah dan zakat mal.

Zakat merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang wajib ditegakkan para pengikutnya sebagai bukti seseorang memeluk agama Islam.

Pengertian zakat adalah bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim apabila telah mencapai syarat yang ditetapkan. Sebagai salah satu rukun Islam, Zakat ditunaikan untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya.

Baca Juga: Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Cara Bayar Zakat Pakai Beras atau Uang

Zakat sendiri berada di nomor keempat karena secara tahapan, orang terlebih dahulu melaksanakan puasa Ramadhan baru kemudian membayar zakat.

Zakat merupakan salah satu rukun islam yang memiliki tingkatan tinggi. Perintah untuk mengeluarkan zakat telah Allah sampaikan dalam Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 43 yang berbunyi:

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرَّاكِعِيْنَ - ٤٣

Artinya:

"Dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk."

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x