Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Istri, Anak Laki-Laki, Perempuan: Tulisan Arab, Latin, Terjemahan

- 11 April 2022, 13:50 WIB
ilustrasi - Bacaan niat dan syarat zakat fitrah untuk diri sendiri, istri, anak laki-laki dan perempuan, lengkap tulisan Arab, latin, dan terjemah.
ilustrasi - Bacaan niat dan syarat zakat fitrah untuk diri sendiri, istri, anak laki-laki dan perempuan, lengkap tulisan Arab, latin, dan terjemah. /PIXABAY/suhailsuri

BERITA DIY –  Berikut bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri, istri, anak laki-laki, dan perempuan dengan tulisan arab, latin, dan terjemahan bahasa Indonesia.

Zakat fitrah adalah kewajiban semua umat muslim, baik itu laki-laki atau perempuan yang dilakukan pada bulan Ramadhan pada Idul Fitri.

Tujuan zakat fitrah untuk mensucikan diri setelah sebulan penuh menjalan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Selain itu, zakat fitrah merupakan bentuk solidaritas terhadap sesama manusia terhadap masyarakat kurang mampu.

Baca Juga: Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga: Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Dengan ada zakat fitrah ini, masyarakat yang tidak mampu bisa merayakan kemenangan dengan rasa bahagia di hari raya. Sehingga kemenangan Idul Fitri benar-benar dirasakan semua tanpa terkecuali.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan zakat fitrah, yakni beragama Islam, hidup di masa bulan Ramadhan, memiliki rezeki atau kebutuhan pokok hingga malam dan hari raya Idul Fitri.

Dilansir BERITA DIY dari baznas.go.id menjelaskan bahwa zakat fitrah berupa besar atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa. Bahkan bisa diganti dengan uang senilai berat harga makanan pokok. Semisal daerah Jakarta, nilai zakat fitrah setara dengan uang sebesar Rp45 ribu per jiwa.

Baca Juga: Daftar Penerima Zakat Fitrah Sesuai Al Qur'an Lengkap dengan Dalil, Pastikan Amil Berikan Zakat pada Mustahik

Selain itu, zakat fitrah harus diiringi dengan niat. Untuk niat sesuai dengan siapa yang akan berzakat, antara diri sendiri, mewakili keluarga, atau sanak saudara memiliki niat berbeda-beda. Berikut niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan sanak-saudara:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x