Daftar Penerima Zakat Fitrah Sesuai Al Qur'an Lengkap dengan Dalil, Pastikan Amil Berikan Zakat pada Mustahik

- 10 April 2022, 11:15 WIB
Ilustrasi - Daftar penerima zakat fitrah sesuai ketentuan Al Qur'an lengkap dengan dalil, pastikan amil berikan zakat fitrah kepada mustahik yang tepat.
Ilustrasi - Daftar penerima zakat fitrah sesuai ketentuan Al Qur'an lengkap dengan dalil, pastikan amil berikan zakat fitrah kepada mustahik yang tepat. /PIXABAY/allybally4b

BERITA DIY - Daftar penerima zakat fitrah sesuai dengan ketentuan Al Qur'an lengkap dengan dalil, pastikan amil memberikan zakat fitrah kepada Mustahik yang tepat.

Pada Ramadhan, umat islam akan melaksanakan ibadah puasa satu bulan penuh. Kemudian pada malam hari, umat islam akan melaksanakan sholat tarawih di masjid.

Puasa Ramadhan akan ditutup dengan membayar zakat fitrah. Zakat merupakan harta yang harus dikeluarkan oleh seorang muslim ketika telah memenuhi syarat yang di tetapkan.

Baca Juga: Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal serta Hikmah Menunaikannya: Kapan Waktu untuk Mengeluarkan Zakat?

Penyaluran zakat fitrah harus diberikan kepada penerima yang telah ditetapkan dalam Al Qur'an. Pemberi zakat disebut dengan Muzaki, sedangkan penerima zakat disebut Mustahik.

Zakat fitrah akan dikumpulkan oleh Amil (orang yang mengumpulkan dan membagikan zakat) dan kemudian berikan kepada Mustahik sebelum pelaksanaan sholah Idul Fitri. 

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim pada Ramadhan dan paling lambat sebelum sholat Idul Fitri. Zakat ini dibayarkan untuk menyempurnakan puasa Ramadhan.

Bentuk zakat fitrah berupa makanan pokok sebesar 1 sha' atau sekitar 2,5 kg setara dengan 3,5 liter untuk setiap orang. Zakat juga dapat menjadi salah satu cara untuk menyucikan dan membersihkan harta yang dimiliki.

Baca Juga: Pengertian Zakat Mal: Hitungan, Syarat Wajib, Waktu Mengeluarkan, Hukum Menurut Islam, dan Bacaan Doa Niat

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x