Bacaan Doa Menerima Zakat Fitrah di Ramadhan Lengkap Arab, Latin Terjemahan dan 8 Golongan Penerima Zakat

- 6 April 2022, 14:25 WIB
Ilustrasi membaca doa menerima zakat fitrah. Bacaan doa menerima zakat fitrah di bulan Ramadhan, lengkap dengan bahasa Arab, latin, terjemahan, serta 8 golongan penerima zakat.
Ilustrasi membaca doa menerima zakat fitrah. Bacaan doa menerima zakat fitrah di bulan Ramadhan, lengkap dengan bahasa Arab, latin, terjemahan, serta 8 golongan penerima zakat. /PIXABAY/Konevi

BERITA DIY - Simak bacaan doa menerima zakat fitrah di bulan Ramadhan, lengkap dengan bahasa Arab, latin, terjemahan, serta 8 golongan penerima zakat.

Zakat fitrah merupakan zakat yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan yang hukumnya wajib untuk setiap umat muslim yang memiliki rezeki berlebih. Zakat ini dilakukan hadir sebagai pembersih dari segala hal yang mengotori puasa Ramadhan.

Sementara waktu pelaksanaan zakat fitrah yaitu menjelang hari raya idul fitrih. Zakat fitrah bisa berupa uang atau beras. Jika pemberi zakat harus membaca niat zakat fitrah, penerima zakat juga harus memanjatkan doa ketika menerima zakat.

Baca Juga: Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri Lengkap Tulisan Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan

Pemberi zakat disebut dengan dengan muzakki. Sedangkan penerima zakat disebut dengan mustahik. Adapun bacaan doa menerima zakat fitrah di bulan Ramadhan lengkap dengan bahasa Arab, Larin dan terjemahannya.

Bacaan doa menerima zakat fitrah

Mustahik (penerima zakat) dianjurkan untuk berdoa usai menerima zakat dari muzakki (pemberi zakat). Hal ini bertujuan untuk membalas kebaikan kepada orang yang telah memberi zakat, bahkan hanya berupa doa.

Melafalkan doa untuk Mustahik (penerima zakat) merujuk pada hadis Nabi Muhammad SAW, yakni:

“Barangsiapa diperlakukan baik (oleh seorang), hendaknya ia membalasnya. Apabila ia tidak mendapatkan sesuatu untuk membalasnya, hendaknya ia memujinya. Jika ia memujinya, maka ia telah berterima kasih kepadanya; namun jika menyembunyikannya, berarti ia telah mengingkarinya,” (H.R. Bukhari).

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x