Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal serta Hikmah Menunaikannya: Kapan Waktu untuk Mengeluarkan Zakat?

- 8 April 2022, 14:00 WIB
Ilustrasi - Perbedaan zakat fitrah dan zakat mal dari segi pemberi, syarat, serta hikmah menunaikan zakat, lantas kapan waktu untuk  mengeluarkan zakat?
Ilustrasi - Perbedaan zakat fitrah dan zakat mal dari segi pemberi, syarat, serta hikmah menunaikan zakat, lantas kapan waktu untuk mengeluarkan zakat? /FREEPIK/jcomp

BERITA DIY - Simak perbedaan zakat fitrah dan zakat mal dari segi pemberi, syarat, serta hikmah menunaikan zakat, lantas kapan waktu untuk mengeluarkan zakat?

Ada dua jenis zakat yang umum diketahui banyak orang yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Pada akhir Ramadhan menjelang Idul Fitri, umat islam akan mengeluarkan zakat fitrah.

Zakat merupakan salah satu rukun islam yang memiliki tingkatan tinggi. Perintah untuk mengeluarkan zakat telah Allah sampaikan dalam Al Qur'ansurat Al Baqarah ayat 43.

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرَّاكِعِيْنَ - ٤٣

Artinya:

"Dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk."

Baca Juga: Bacaan Niat dan Doa Ijab Qobul Zakat untuk Diri Sendiri dan Keluarga Beserta Waktu Pembayaran Zakat

Seorang muslim wajib mengeluarkan zakat apabila telah memenuhi syarat yang ditentukan. Tentunya akan ada perbedaan antara zakat fitrah dan zakat mal, baik dalam cara pembayaran hingga ketetapannya.

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dibayarkan oleh setiap orang baik laki-laki maupun perempuan yang memeluk agama islam yang dibayarkan pada Ramadhan sebelum Idul Fitri.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah