Besaran Zakat Fitrah 2022 yang Harus Dibayar: DKI Jakarta hingga 27 Kota dan Kabupaten di Jawa Barat

- 14 April 2022, 20:10 WIB
Ilustrasi berapa besaran zakat fitrah 2022 yang ahrus dibayar oleh warga DKI Jakarta dan Jawa Barat.
Ilustrasi berapa besaran zakat fitrah 2022 yang ahrus dibayar oleh warga DKI Jakarta dan Jawa Barat. /Freepik.com/freepik

BERITA DIY - Simak besaran zakat fitrah 2022 yang harus dibayar oleh warga DKI Jakarta dan warga di 27 Kota dan Kabupaten di Provinsi Jawa Barat.

Umat Muslim yang tergolong mampu wajib membayar zakat fitrah pada bulan Ramadhan atau menjelang Hari Raya Idul Fitri. Ada ketentuan sendiri terkait besaran zakat fitrah di masing-masing daerah.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah memutuskan besaran zakat fitrah 2022 di DKI Jakarta dan wilayah Provinsi Jawa Barat melalui Surat Keputusan yang dikeluarkan.

Baca Juga: Syarat Zakat Fitrah, Bacaan Niat Berzakat, dan 8 Golongan Penerima Zakat Fitrah

Sebelum mengetahui besaran yang harus dibayar, ada baiknya umat Muslim mengetahui dalil tentang kewajiban membayar zakat fitrah.

Allah SWT telah meriwayatkan dalam Al-Quran Surat An-Nahl ayat 71 tentang sebagian rezeki yang didapat oleh seseorang hendaknya dibagi ke orang lain agar tak mengingkari nikmat Allah SWT.

وَاللّٰهُ فَضَّلَ بَعْضَكُمْ عَلٰى بَعْضٍ فِى الرِّزْقِۚ فَمَا الَّذِيْنَ فُضِّلُوْا بِرَاۤدِّيْ رِزْقِهِمْ عَلٰى مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُمْ فَهُمْ فِيْهِ سَوَاۤءٌۗ اَفَبِنِعْمَةِ اللّٰهِ يَجْحَدُوْنَ

Artinya: "Dan Allah melebihkan sebagian kamu atas sebagian yang lain dalam hal rezeki, tetapi orang yang dilebihkan (rezekinya itu) tidak mau memberikan rezekinya kepada para hamba sahaya yang mereka miliki, sehingga mereka sama-sama (merasakan) rezeki itu. Mengapa mereka mengingkari nikmat Allah?"

Baca Juga: Pengertian Zakat dalam Islam dan Waktu Terbaik Membayarkan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Kemudian dalam sebuah hadits Ibnu umar RA, Rasulullah SAW pernah mengatakan kewajiban umat Muslim baik itu laki-laki atau perempuan maupun kecil atau besar, membayar zakat fitrah 1 sha' kurma atau 1 sha' gandum, sebagaimanya riwayat berikut ini:

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x