Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Istri, Anak Lengkap Latin: Besaran Beras dan Nilai Uang

- 17 April 2022, 08:54 WIB
Bacaan doa niat zakat fitrah untuk diri sendiri, istri, anak laki-laki dan perempuan di bulan Ramadhan memakai beras 3,5 liter dan uang Rp 45.000.
Bacaan doa niat zakat fitrah untuk diri sendiri, istri, anak laki-laki dan perempuan di bulan Ramadhan memakai beras 3,5 liter dan uang Rp 45.000. /UNSPLASH/ Madrosah Sunnah

BERITA DIY - Kewajiban di bulan Ramadhan adalah membayar zakat. Berikut bacaan doa niat zakat fitrah untuk diri sendiri, istri, anak laki-laki dan perempuan memakai beras dan uang.

Adapun niat bayar zakat fitrah berbeda-beda, tergantung siapa yang membayarkannya. Hingga, niat zakat fitrah untuk orang yang diwakilkan.

Dan, dalam tata cara zakat fitrah, yang dibayarkan bisa dalam bentuk makanan pokok atau beras dengan berat 2,5 kilogram atau 3,5 liter per orang.

Baca Juga: 4 Jenis Niat Zakat Fitrah, Keutamaan, Dalil, Serta Berapa Besaran Uang Zakat yang Dibayarkan?

Perlu dicatat, kualitas makanan pokok dalam zakat fitrah harus sama dengan apa yang dikonsumsi sehari-hari.

Waktu membayarkan zakat fitrah paling lambat dilaksanakan saat salat Idul Fitri. Bayi yang lahir di akhir bulan Ramadhan, wajib membayar zakat.

Untuk pengganti beras, umat Islam juga bisa menunaikan zakat fitrah dengan uang. Dan itu juga sah.

Berdasarkan SK Ketua BAZNAS No. 10 Tahun 2022 tentang Zakat Fitrah dan Fidyah untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, zakat fitrah setara dengan uang sebesar Rp 45.000 untuk setiap orang.

Baca Juga: Bacaan Niat Bayar Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Anak, dan Keluarga Lengkap Arab, Latin, serta Artinya

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x