Teks Ceramah Singkat Bulan Ramadhan Tema Nuzulul Quran 2022: Ayo Membaca Al-Quran

- 16 April 2022, 19:50 WIB
Ilustrasi contoh teks ceramah singkat bulan Ramadhan tema Nuzulul Quran 2022.
Ilustrasi contoh teks ceramah singkat bulan Ramadhan tema Nuzulul Quran 2022. /Pexels/Abdullah Ghatasheh

BERITA DIY - Simak contoh teks ceramah singkat bulan Ramadhan tema Nuzulul Quran yang jatuh pada 17 Ramadhan 1443 Hijriyah.

Umat Muslim memperingati Nuzulul Quran setiap tanggal 17 Ramadhan. Pada tahun ini, momen tersebut jatuh pada Selasa, 19 Maret 2022. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah penyampaian ceramah dengan tema Nuzulul Quran.

Sebelum tersaji contoh teks ceramah singkat bulan Ramadhan tema Nuzulul Quran, berikut ini disampaikan penjelasan hingga dalil tentang hari spesial tersebut.

Nuzulul Quran adalah malam di mana Al-Quran turun kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril sebagai perantara. Selanjutnya turunnya kitab suci itu diangsur selama kurang lebih 24 tahun.

Baca Juga: Teks Bacaan Bilal Sholat Tarawih 23 Rakaat Beserta Jawaban Jamaah dalam Bahasa Arab dan Latin, Mudah Dibaca

Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama yaitu Surat Al-Alaq yang terdiri dari lima ayat di Gua Hira pada tahun ke-41 dari kelahiran sang Nabi.

Allah SWT telah meriwayatkan Nuzulul Quran sebagaimana yang tertulis pada Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 185 berikut ini:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ. 

Artinya: "Bulan Ramadhan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)." (QS. Al Baqarah: 185).

Baca Juga: Teks Ceramah Singkat Tentang Ikhlas, Cocok Kultum Tarawih, Subuh, Menjelang Berbuka yang Lucu dan menginspiras

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x