Lailatul Qadar dan Nuzulul Quran Adalah Apa? Ini Perbedaan dan Kapan Jadwal 2 Peristiwa Itu di Ramadhan 2022

- 10 April 2022, 21:12 WIB
Ilustrasi pengertian apa itu Lailatul Qadar dan Nuzulul Quran adalah apa beserta jadwal kedua peristiwa tersebut pada bulan Ramadhan 2022.
Ilustrasi pengertian apa itu Lailatul Qadar dan Nuzulul Quran adalah apa beserta jadwal kedua peristiwa tersebut pada bulan Ramadhan 2022. /pixabay.com/ surgull01

BERITA DIY - Simak pengertian serta penjelasan Lailatul Qadar dan Nuzulul Quran adalah apa beserta perbedaan hingga kapan jadwal dua peristiwa itu di bulan Ramadhan 2022.

Tak hanya menunaikan ibadah puasa, bulan Ramadhan juga memiliki peristiwa yang terjadi seperti Lailatul Qadar dan Nuzulul Quran.

Meski tampak sama dan peristiwa keduanya merupakan tentang turunnya Al-Quran, Nuzulul Quran dan malam Lailatul Qudar ternyata memiliki perbedaan menurut beberapa kalangan walaupun keduanya tak dapat dipisahkan.

Baca Juga: Apa Itu Lailatul Qadar? Berikut Keutamaan, Tanda-tanda Kapan Datang, dan Amalan serta Doa Malam Lailatul Qadar

Dikutiip dari jateng.kemenag.go.id, malam Lailatul Qadar adalah malam spesial bagi umat Islam pada bulan suci Ramadhan.

Dikatakan bahwa Allah SWT menyiapkan malam tersebut untuk mengampuni segala dosa umat-Nya dan akan memberikan pahala yang sangat besar.

Saking utamanya malam Lailatul Qadar sampai disebut sebagai malam mulia. Kemuliannya bahkan lebih baik dari malam 1.000 bulan, seperti Allah SWT berfirman dalam Al-Quran surat Al-Qodr ayat 3 berikut ini:

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Artinya: "Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan." (Al-Qadr ayat 3)

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Meraih Malam Lailatul Qadar, Salah Satunya dengan Qiamullail

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x