Doa dan Tata Cara Ziarah Kubur Beserta Adab ketika di Makam Sesuai Anjuran Rasulullah

- 17 April 2022, 04:00 WIB
Ilustrasi. Bacaan doa ziarah kubur dan tata cara dalam berziarah beserta adab yang perlu diperhatikan saat berada di makam sesuai hadist Rasulullah.
Ilustrasi. Bacaan doa ziarah kubur dan tata cara dalam berziarah beserta adab yang perlu diperhatikan saat berada di makam sesuai hadist Rasulullah. /Freepik/jcomp
BERITA DIY - Simak bacaan doa dan tata cara ziarah kubur beserta adab yang perlu diperhatikan saat berada di makam sesuai hadist Rasulullah.

Bacaan doa dan tata cara ziarah kubur diperlukan bagi yang berkeinginan untuk berziarah ke makam orang terdekat untuk mendoakannya.

Selain doa dan tata cara ziarah kubur, tentu ada adab yang harus selalu di jaga selama proses berziarah tersebut sesuai dengan syariat islam.
 
Baca Juga: Bacaan Surat Yasin 83 Ayat Dilengkapi Tahlil dan Doa Ziarah Kubur Jelang Ramadhan 2022 Datang

Awalnya, ziarah kubur merupakan salah satu perbuatan yang dilarang oleh Rasul karena ditakutkan akan menjurus ke arah musyrik.

Namun, dengan berjalannya waktu larangan berziarah kubur telah diubah oleh Rasul bahkan memiliki manfaat bagi yang melakukannya.

Salah satu manfaat yang di dapatkan seseorang dari ziarah kubur yakni dapat mengingatkan akan kematian yang begitu dekat.

Sesuai dengan hadist yang diriwayatkan Muslim dan Hakim, Rasulullah SAW bersabda, "Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian. Sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan (air) mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah)."
 
Baca Juga: Doa Ziarah Kubur, Bacaan Tahlil dan Surah Yasin 83 Ayat, Lengkap Bahasa Arab dan Ejaan Bahasa Indonesia

Bagi yang akan melaksanakan ziarah kubur, perlu diperhatikan doa, tata cara, serta adab yang perlu di jaga selama prosesi ziarah berlangsung.

Berikut doa dan tata cara ziarah kubur lengkap dengan adab sesuai dengan syariat islam.

Adab dan tata cara ziarah kubur sesuai syariat islam

1. Berwudhu sebelum ziarah kubur

Dianjurkan untuk berwudhu (bersuci) agar mensucikan niat dalam menjalankan ziarah kubur.

2. Mengucapkan salam ketika hendak memasuki area pemakaman
 
Baca Juga: Bacaan Surat Yasin Ayat 1-83 Tulisan Arab, Latin, Terjemahan Disertai Tahlil dan Doa Arwah untuk Ziarah

"Assalamualaikum ahladdiyar minal mu miniina wal muslimiin. Yarhamullaahu mustaqdimiina minnaa wal musta khoirin. wa inna inshaa allahu bikum la laahiquun. Wa as alullaha lana walakumul aafiyah".

Artinya: Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang islam, semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului Kami dan orang-orang yang datang belakangan. Kami insha Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.

3. Menghadap ke arah kiblat saat berdoa

Membaca doa untuk almarhum/almarhumah dan melakukan zikir hendaknya dilakukan dengan menghadap kiblat.
 
Baca Juga: Dalil dan Doa Ziarah Kubur Beserta Surat Yasin Lengkap 83 Ayat Arab, Latin, dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

4. Kirimkan doa dan berdzikir

Berdoa untuk almarhum/almarhumah. Dilanjutkan dengan membaca tasbih, takbir, tahmid, zikir, doa yang dikhususkan untuk mayit, dan diakhiri dengan bacaan surat al-Fatihah.

5. Membaca surat pendek

Membaca surat-surat pendek seperti al-Fatihah, Surat Ikhlas, al-Falaq, dan an-Naas.

Sesuai dengan hadist riwayat al-Marwazi dari Ahmad bin Hanbal, Rasulullah bersabda, "Bila kalian masuk ke dalam taman makam, maka bacalah al-Fatihah, Surat Ikhlas, dan al-Muawwidzatain (al-Falaq dan an-Naas). Jadikanlah pahalanya untuk mayit-mayit kuburan tersebut, karena sungguh pahalanya sampai kepada mereka."
 
Baca Juga: Doa Ziarah Kubur, Bacaan Tahlil dan Surah Yasin 83 Ayat, Lengkap Bahasa Arab dan Ejaan Bahasa Indonesia

6. Dilarang duduk atau menginjak bagian atas makam/kuburan

Untuk menghormati almarhum/almarhumah adab yang perlu kita jaga ketika ziarah kubur yakni tidak menduduki atau menginjak bagian atas dari kuburan tersebut.

Hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah bersabda, "Janganlah kalian shalat [berdoa] kepada kuburan, dan janganlah kalian duduk di atasnya".

7. Jangan lakukan hal yang berlebihan-lebihan
 
Baca Juga: Kumpulan Doa Arwah Pendek dan Singkat untuk Ziarah Kubur hingga Bacaan Tahlil

Misalnya berdoa atau meminta sesuatu kepada selain Allah SWT

Bacaan doa ziarah kubur

"Assalamualaikum dara qaumin mu'minin wa atakum tu’adun ghadan mua’jjalun wa inna insya Allah bikum lahiqun".

Artinya: Semoga keselamatan dilimpahkan kepada kalian, tempat bersemayam orang-orang yang beriman kepada Allah. Telah datang kepada kalian (orang-orang beriman) janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami Insha Allah (atas izin Allah) akan menyusul kalian.
 
Baca Juga: Ikatan Cinta 4 Oktober 2021: Andin Ziarah ke Makam Mama Sofia, Aldebaran dan Angga Temukan Masalah Baru?

Itulah doa ziarah kubur dan tata cara ziarah kubur beserta adab ketika berziarah sesuai dengan yang dianjurkan Rasulullah***
 
 
 

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x