Doa Menyiram Air di Atas Kuburan beserta Hukum Ziarah Kubur lengkap Bacaan Doa Tahlil dan Tata Cara

- 2 April 2022, 16:30 WIB
Ilustrasi - doa menyiram air di atas kuburan beserta hukum ziarah kubur lengkap dengan bacaan doa tahlil dan tata cara.
Ilustrasi - doa menyiram air di atas kuburan beserta hukum ziarah kubur lengkap dengan bacaan doa tahlil dan tata cara. /PIXABAY/drippycat

BERITA DIY - Berikut doa menyiram air di atas kuburan beserta hukum ziarah kubur lengkap dengan bacaan doa tahlil dan tata cara.

Melakukan ziarah kubur lalu menyiram air di atas kuburan sudah menjadi tradisi atau kebiasaan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia ketika ziarah kubur.

Adapun hukum menyiram air kuburan ketika ziarah kubur menjadi banyak pertanyaan apakah boleh dilakukan atau tidak karena munculnya banyak perbedaan pandangan.

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Baca Yasin 83 Ayat dan Tahlil untuk Orang Meninggal atau Sakit Lengkap Latin hingga Arti

Pada zaman Jahiliyah dulu Rasulullah SAW pernah melarang umat Islam untuk melakukan ziarah kubur karena dikhawatirkan terjadi penyalahgunaan dan penyimpangan.

Akan tetapi setelah itu Rasulullah SAW memperbolehkan umat Islam untuk melakukan ziarah kubur karena hal ini bisa menjadi pengingat akan kematian.

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda:

“Aku pernah melarang kalian untuk berziarah kubu, namun sekarang berziarahlah. Sebab, ia dapat mengingatkan akan kehidupan akhirat dan menjauhi kemewahan dunia.” (HR. Muslim)

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah