Dalil dan Doa Ziarah Kubur Beserta Surat Yasin Lengkap 83 Ayat Arab, Latin, dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

- 29 Maret 2022, 10:50 WIB
 Dalil ziarah kubur dan doa ziarah kubur yang dianjurkan oleh Rasulullah serta Surat Yasin lengkap 83 ayat dari Arab, latin, dan terjemahnya.
Dalil ziarah kubur dan doa ziarah kubur yang dianjurkan oleh Rasulullah serta Surat Yasin lengkap 83 ayat dari Arab, latin, dan terjemahnya. /PIXABAY/cahiwak

BERITA DIY – Simak dalil ziarah kubur dalam hadis shahih dan surat Yasin lengkap 83 ayat yang bisa dibaca saat ziarah kubur sebagai penolong ahli kubur agar mendapat ampunan dan keringanan siksa kubur.

Ziarah kubur adalah salah satu hal yang sering dilakukan sebagian orang mendekati bulan puasa atau bulan Ramadan yang diperkirakan akan datang pada Sabtu, 2 April 2022 mendatang.

Ziarah kubur adalah salah satu hal yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk mengingatkan kaum Muslimin mengenai maut dan mengingat akhirat. Hal ini tercantum dalam salah satu hadis yang berbunyi:

Baca Juga: Doa Ziarah Kubur, Bacaan Tahlil dan Surah Yasin 83 Ayat, Lengkap Bahasa Arab dan Ejaan Bahasa Indonesia

كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُوْرِ أَلاَ فَزُوْرُوْهَا فَإِنَّهَا تُرِقُّ الْقَلْبَ، وَتُدْمِعُ الْعَيْنَ، وَتُذَكِّرُ اْلآخِرَةَ، وَلاَ تَقُوْلُوْا هُجْرًا.

“Aku pernah melarang kalian untuk ziarah kubur, sekarang ziarahilah kubur karena ziarah kubur dapat melembutkan hati, meneteskan air mata, mengingatkan negeri Akhirat dan janganlah kalian mengucapkan kata-kata kotor (di dalamnya).” (H.R. Al-Hakim).

Tentang ziarah kubur, ada beberapa larangan dan peraturan yang harus dilakukan oleh kaum Muslim, beberapa di antaranya adalah:

1. Ziarah yang disyari’atkan, yaitu ziarah kubur dengan tujuan untuk mengingat mati, akhirat, untuk memberikan salam kepada ahli kubur dan mendo’akan mereka atau memohonkan ampun untuk mereka.

Baca Juga: Doa Ziarah Kubur Menjelang Bulan Puasa Ramadhan 1443 2022 serta Tata Cara Dzikir Sesuai Ajaran Rasulullah

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x