Adab dan Doa Ziarah Kubur Lengkap dalam Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia

- 30 Agustus 2021, 14:44 WIB
ILUSTRASI - Simak adab atau tata cara beserta bacaan doa ziarah kubur lengkap dalam tulisan Arab, Latin, dan terjemahan Bahasa Indonesia.
ILUSTRASI - Simak adab atau tata cara beserta bacaan doa ziarah kubur lengkap dalam tulisan Arab, Latin, dan terjemahan Bahasa Indonesia. /ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc

BERITA DIY - Simak tata cara atau adab doa ziarah kubur sesuai sunnah lengkap dalam tulisan Arab dan Latin beserta terjemahan Bahasa Indonesia.

Melakukan ziarah kubur tentunya ada adab dan bacaan doa yang dilafadzkan. Tujuan nyekar ini adalah untuk mendoakan orang terkasih yang telah mendahului dan untuk mengingatkan manusia terhadpa kehidupan setelah kematian.

Zaman dahulu, awalnya ziarah dilarang, namun Rasulullah SAW memperbolehkan, sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits berikut:

إِنِّي كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمْ الْآخِرَةَ

Artinya: "Dulu aku melarangmu melakukan ziarah kubur. Sekarang, lakukanlah ziarah kubur, karena akan mengingatkan kalian terhadap akhirat." (HR Tirmidzi).

Baca Juga: Inilah Bacaan Doa Niat, Syarat, dan Tata Cara Tayamum Supaya Wudhu Tanpa Air Tetap Sah

Terlebih, Rasulullah SAW juga menganjurkan doa untuk ziarah kubur, sebagaimana hadits yang diriwayatkan berikut ini:

Assalaamu 'alaa ahlad diyaari minal mu'miniina wal muslimiin wa innaa insyaa allahu bikum laahiquun asalullaha lanaa walakumul aafiyah.

Arrinya: "Semoga keselamatan tercurah bagi penghuni (kubur) dari kalangan orang-orang Mukmin dan Muslim dan kami Insya Allah akan menyusul kalian semua. Saya memohon kepada Allah bagi kami dan bagi kalian keselamatan"  (Riwayat Zuhair bin Harb).

Sementara itu, berikut ini adab dan bacaan doa ziarah kubur lengkap dalam tulisan Arab, Latin, beserta terjemahan dalam Bahasa Indonesia.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x