Cara Cegah Dehidrasi saat Puasa Ramadhan, Berapa Banyak Air Putih yang Harus Dikonsumsi?

- 11 April 2022, 08:30 WIB
Ilustrasi cegah dehidrasi saat puasa, berapa banyak air putih yang harus dikonsumsi, ini penjelasannya.
Ilustrasi cegah dehidrasi saat puasa, berapa banyak air putih yang harus dikonsumsi, ini penjelasannya. /PIXABAY/@congerdesign

BERITA DIY - Cegah dehidrasi saat puasa, berapa banyak air putih yang harus dikonsumsi, ini penjelasan ahli ginjal, Prof Djoko Santoso. Dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh mengalami kekurangan cairan.

Salah satu masalah yang mungkin dihadapi dan dialami oleh kebanyakan orang saat ibadah puasa adalah terjadinya dehidrasi karena tidak ada cairan yang masuk.

Dehidrasi akan timbul jika pasokan cairan dalam tubuh tidak mampu memenuhi kebutuhan yang akan dikeluarkan.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi untuk Mengatasi Dehidrasi

Saat menjalankan ibadah puasa kita diharuskan melanah lapar dan haus artinya menahan makan dan minum. Ketika kita berpuasa dan tidak minum bagaimana cara memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Saat melaksanakan ibadah puasa tubuh manusia tidak mengkonsumsi makanan dan minuman dalam kurun waktu kurang lebih 12 jam.

Hal ini bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi dan gangguan keseimbangan elektrolit, tubuh terasa lemas dan beberapa gejala lainnya seperti mulut terasa kering, pusing, dan rasa lemas.

Baca Juga: Tips Kurangi Dehidrasi Saat Puasa Dengan Mengkonsumsi 5 Buah Ini

Berikut ini penjelasan Prof. Djoko Santoso, Dr, Ph.d., Sp.PD., K-GH., FINASIM., sebagai ahli ginjal yang dilansir BERITA DIY dari Unair News.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x