5 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi untuk Mengatasi Dehidrasi

- 26 Juli 2021, 09:10 WIB
Ilustrasi: Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Dehidrasi
Ilustrasi: Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Dehidrasi /PIXABAY/ Mohamed_Hassan

BERITA DIY - Berikut lima jenis makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk mengatasi dehidrasi, mulai dari air kelapa, sup dan kaldu, semangka dan melon, susu hingga smoothie.

Dehidrasi terjadi karena tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang Anda konsumsi. Penyebabnya bisa karena panas, obat-obatan, gangguan pencernaan dan kelelahan. 

Apabila tidak segera diatasi, dehidrasinakan membuat Anda mungkin merasa pingsan, pusing, haus, lelah, atau mulut kering atau kesulitan fokus. Berikut beberapa makanan dan minum yang dapat dan baik dikonsumsi untuk mengatasi dehidrasi pada tubuh yang telah dirangkum BERITA DIY dari Healthline selengkapnya.

Baca Juga: 5 Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh

1. Air Kelapa

Air kelapa sangat bagus untuk diminum saat Anda mengalami dehidrasi, karena menyediakan air yang sangat dibutuhkan dan memasok elektrolit dan beberapa karbohidrat. Satu cangkir  air kelapa tanpa pemanis mengandung 9% dari Nilai Harian kalium dan memiliki 45 kalori. 

2. Kaldu dan sup

Kaldu dan sup memberikan kandungan air dan elektrolit yang tinggi serta kolagen yang baik untuk mengatasi dehidrasi. Satu cangkir kaldu tulang sapi mengandung elektrolit berupa fosfor enam persen dari nilai harian, Kalium sembilan persen dan Natrium 21 persen. 

Jika Anda membuat kaldu tulang di rumah, ingatlah bahwa memasaknya selama lebih dari 8 jam akan meningkatkan kandungan kalsium dan magnesiumnya. Tambahkan pula sayuran yang berbeda juga meningkatkan nutrisi. 

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x