5 Manfaat Puasa yang Wajib Kamu Simak, Dari Hilangkan Racun Hingga Perkuat Jantung, Ini

- 13 April 2021, 15:37 WIB
Ilustrasi tubuh.
Ilustrasi tubuh. /Pixabay/www_slon_pics

BERITA DIY - Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam di dunia. Merujuk ada definisi hukum wajib dalam fiqih, maka wajib punya makna "harus dilakukan".

Definisi lengkapnya kurang lebih begini: "Jika dikerjakan, maka akan mendapat pahala. Namun, jika ditinggalkan, maka akan mendapat dosa."

Dengan begitu, umat Islam yang tidak menjalankan puasa justru akan dicatat telah melakukan dosa. Sebaliknya, jika dijalankan, maka akan dicatat sebagai pahala.

Baca Juga: Andin Curigai Al dan Michelle, Bisakah Andin Membongkar Apa yang Mereka Tutupi? Bocoran Ikatan Cinta Malam Ini

Karena itulah, umat Islam berbondong-bondong menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Perintah wajib itu tercatat dalam al-Quran Surat al-Baqarah ayat 183:2.

"Wahai orang-orang yang beriman. Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," demikian firman Allah Swt dalam al-Quran.

Namun ternyata, dengan puasa, seseorang tidak hanya akan mendapatkan pahala saja, melainkan juga manfaat lainnya berupa kesehatan fisik. Banyak penelitian menyebutkan beragam manfaat puasa bagi kesehatan.

Baca Juga: Peluang Perkawinan Prabowo - Puan di Pilpres 2024 Makin Lebar, Ganjar Bakal Dibenamkan?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang harus kamu simak.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x