7 Tips dan Ketentuan Khatam Membaca Al Quran 30 Juz Selama Bulan Suci Ramadhan 2021

- 13 April 2021, 14:54 WIB
Ilustrasi khatam membaca Al Quran di bulan Ramadhan.
Ilustrasi khatam membaca Al Quran di bulan Ramadhan. /Pixabay/hmzasefaa

BERITA DIY - Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang penuh kemuliaan dan ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia.

Ramadhan menjadi bulan ibadah dan amalan dimana umat Islam akan berlomba-lomba melaksanakan amal-amal baik untuk mendapat ridha Allah SWT dan mendapatkan ganjaran pahala yang akan dilipatgandakan.

Amalan-amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan di antaranya adalah membaca Al Quran dan mengkhatamkan bacaannya di bulan Ramadhan lengkap 30 juz.

Baca Juga: Kumpulan Doa Penenang Hati agar Damai dan Tentram, LENGKAP Arab, Latin, dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

Al Quran adalah kitab suci sebagai pedoman bagi umat Islam, sudah semestinya setiap muslim dapat membaca pedoman itu secara keseluruhan dan kemudian mengamalkannya.

Rasulullah SAW pernah bersabda:

 اقْرَإِ الْقُرْآنَ فِى شَهْرٍ . قُلْتُ إِنِّى أَجِدُ قُوَّةً حَتَّى قَالَ « فَاقْرَأْهُ فِى سَبْعٍ وَلاَ تَزِدْ عَلَى ذَلِكَ

Artinya: “Bacalah (khatamkanlah) Al Quran dalam sebulan.” ‘Abdullah bin ‘Amr lalu berkata, “Aku mampu menambah lebih dari itu.”

Namun sebagaimana kata Imam Nawawi, “Kebanyakan ulama berpendapat bahwa tidak ada batasan hari dalam mengkhatamkan Al Quran, semuanya tergantung pada semangat dan kekuatan. Dan ini berbeda-beda satu orang dan lainnya dilihat dari kondisi dan person.” (Fathul Bari, 9: 97).

Berikut ini adalah cara atau tips khatam membaca Al Quran 30 juz selama bulan Ramadhan:

Baca Juga: Cara Membuat ZIP File di HP Android dan Komputer atau Laptop, Tips Mudah Berkirim Banyak File

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah