Apa Itu Antibodi Monoklonal? Berikut Asal Usul, Cara Kerja, dan Manfaatnya Mengatasi Infeksi Virus Covid-19

- 18 Maret 2022, 11:35 WIB
Ilustrasi - apa itu antibodi monoklonal, berikut penjelasan asal usul, cara kerja, dan pemanfatannya mengatasi infeksi virus Covid-19.
Ilustrasi - apa itu antibodi monoklonal, berikut penjelasan asal usul, cara kerja, dan pemanfatannya mengatasi infeksi virus Covid-19. /PEXELS/Karolina Grabowska

BERITA DIY - Mengenal apa itu antibodi monoklonal. Berikut penjelasan asal usul, cara kerja, dan pemanfatannya untuk mengatasi infeksi virus Covid-19.

Dikutip dari laman Siloam Hospital, Antibodi monoklonal merupakan suatu protein yang dibuat di laboratoritum yang memiliki cara kerja menyerupai kemampuan kerja sistem kekebalan tubuh manusia.

Protin buatan ini akan berperan untuk melawan berbagai macam infeksi virus dan patogen berbahaya yang menyerang tubuh. Antibodi monoklonal diperoleh melalui teknik hibridoma.

Baca Juga: Viral, Cara Membuat Tempe Oplos Kardus dan Kertas untuk Siasati Harga Kedelai Mahal Hari Ini

Pembuatan antibodi monoklonal membutuhkan proses yang cukup panjang, yaitu dengan melalui tiga tahapan proses yang terdiri dari imunisasi, fusi, dan kloning.

Tahap imunisasi dapat dilakukan dengan menggunakan cara konvensional, imunisasi sekali suntik intralimpa, dan imunisasi invitro.

Kemudian pada tahap fusi sel akan dihasilkan sel hibrid yang bertugas untuk menghasilkan antibodi seperti yang ada pada sel limpa.

Baca Juga: PIP SD, SMP, SMA Rp1 Juta Kemendikbud 2022 Kapan Cair? Simak Cara Cek Penerima di link pip.kemendikbud.go.id

Sel-sel hibrid ini secara terus menerus akan mengalami penggandaan melalui pembiakan seperti sel myeloma dan menghasilkan antibodi yang berlipat.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono

Sumber: Siloam Hospital


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x