Pemanfaatan Jeruk Nipis atau Citrus Aurantifolia Sebagai Obat Anti Mikroba Perkuat Imun Tubuh

- 20 Februari 2022, 19:30 WIB
Ilustrasi buah jeruk nipis yang memiliki manfaat sebagai obat anti mikroba.
Ilustrasi buah jeruk nipis yang memiliki manfaat sebagai obat anti mikroba. /PIXABAY/@congerdesign

BERITA DIY - Berikut manfaat jeruk nipis sebagai obat Anti Mikroba. Jeruk nipis memiliki nama ilmiah citrus aurantifolia (CA).

Jeruk nipis atau Citrus aurantifolia salah satu jenis tumbuhan obat anti mikroba. Selain itu juga jeruk merupakan tumbuhan yang banyak mengandung vitamin C.

Di Tengah cuaca yang sering berubah sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak buah-buahan. Salah satunya jeruk karena baik untuk kekebalan imun tubuh dan tinggi vitamin C.

Jeruk nipis merupakan salah satu dari bebrapa jeruk yang sering digunakan sebagai bahan masakan. Selain dijadikan bahan masakan, jeruk juga sering dipakai dalam pembuatan obat tradisional.

Baca Juga: Syarat Pasien Omicron Bisa Isoman dan Cara Dapat Obat Covid-19 Gratis dari Kemenkes

Penggunaan jeruk nipis dalam pengolahan makanan sebagai penghilang bau amis pada ikan dan memberi aroma segar. Dalam pengobatan tradisional, Citrus Aurantifolia digunakan sebagai obat batuk atau gangguan saluran pernapasan.

Jeruk nipis sangat mudah ditemukan dan harganya ekonomis. Masyarakat juga banyak menanam pohon jeruk di pekarangan rumah.

Berikut Lima manfaat jeruk nipis bagi kesehatan yang dikutip BERITA DIY dari Jurnal Sainmatika ditulis oleh Marina Silalahi pada Minggu, 20 Februari 2022. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur yang Ampuh agar Bangun dengan Sehat, Tanpa Minum Obat

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x