Cara Rapid Test Antigen dan Antibodi, Swab PCR, GeNose serta Biaya Masing-masing Tes Covid-19

- 17 Maret 2021, 13:34 WIB
Petugas Kesehatan mengambil sampel lendir dari hidung saat tes usap (swab test) COVID-19 PCR massal di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Medan, di Medan, Sumatera Utara, Senin (1/2/2021). Guna mencegah penyebaran dan penularan COVID-19, BTKLPP Kelas I Medan mengadakan tes usap PCR massal gratis setiap hari Senin dengan kuota 100 orang. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/wsj.
Petugas Kesehatan mengambil sampel lendir dari hidung saat tes usap (swab test) COVID-19 PCR massal di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Medan, di Medan, Sumatera Utara, Senin (1/2/2021). Guna mencegah penyebaran dan penularan COVID-19, BTKLPP Kelas I Medan mengadakan tes usap PCR massal gratis setiap hari Senin dengan kuota 100 orang. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/wsj. /Rony Muharrman/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Melalui berbagai penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan, hingga saat ini untuk mendeteksi ada tidaknya Virus SARS-Cov-2 atau Covid-19 pada seseorang bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Ada Rapid Test Antigen dan Antibodi, Swab PCR, dan GeNose. Tentunya ke-empat metode itu memiliki proseduralnya masing-masing hingga biaya yang berbeda tiap melakukan tes Covid-19.

GeNose merupakan pendeteksi Covid-19 terbaru milik Universitas Gadjah Mada (UGM)  dan sudah memiliki izin edar penggunaan bagi masyarakat umum.

Baca Juga: Siap Jalani Sidang Perceraian, Aa Gym Kembali Talak Teh Ninih?

Lantas apa perbedaan, cara kerja, dan biaya dari pemirksaan menggunkan rapid test antigen, antibodi, swab PCR, dan GeNose?

Rapid test antigen

Rapid test antigen atau rapid swab ini sampelnya diambil dari lendir dalam hindung. Target deteksi dari rapid test antigen adalah materi genetik/protein spesifik dari virus Corona tersebut.

Waktu yang dibututuhkan dengan rapid test antigen mendeteksi virus Corona berkisar 20 sampai 30 mrnit dengan keakuratan pemiriksaan sensivitasnya mencapai 80 persen.

Biaya untuk melakukan rapid test antigen ini di atas Rp200 ribu.

Baca Juga: Bacaan Doa Iftitah Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x