3 Jenis Mimpi dan Artinya, Pertanda Baik atau Buruk? Ini Pandangan Ustadz Abdul Somad

- 10 Februari 2022, 11:20 WIB
Ilustrasi 3 jenis mimpi dalam tidur dan artinya menurut Ustadz Abdul Somad, pertanda baik atau buruk.
Ilustrasi 3 jenis mimpi dalam tidur dan artinya menurut Ustadz Abdul Somad, pertanda baik atau buruk. /Unsplash/Damir Spanic
 
 
BERITA DIY - Ada 3 jenis mimpi yang mungkin sering dialami manusia saat tertidur. Mimpi-mimpi tersebut memiliki sebuah arti dan dapat juga memberikan sebuah pertanda.
 
Mimpi merupakan sesuatu yang dilihat atau dialami seseorang ketika dia sedang tidur. Ada beberapa hal yang dapat memengaruhi mimpi dalam tidur seseorang.
 
"Mimpi ada 3, pertama mimpi dari Allah namanya ilham, mimpi dari setan namanya waswasah, yang ketiga proses berpikir di waktu siang yang tak selesai, terbawa diwaktu malam, " kata Ustadz Abdul Somad dikutip Berita DIY dari dari akun YouTube Para Pejalan dalam video yang diunggah pada 5 Januari 2019
 
 
Mimpi dapat terjadi karena datang dari Allah melalui malaikat, datang dari gangguan setan dan dari pikiran orang itu sendiri.
 
Berikut ini 3 jenis mimpi menurut Ustadz Abdul Somad:
 
1. Mimpi dari Allah SWT atau yang dikenal sebagai ilham
Ilham merupakan mimpi yang berasal dari Allah yang dikirim melalui malaikat berupa mimpi baik. 
 
 
Melalui mimpi ini Allah memberikan suatu petunjuk kepada hambanya. Ilham ini pernah dialami oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Yusuf.
 
Melalui mimpinya, Nabi Ibrahim di utus untuk menyembelih Ismail. Kisah ini kemudian menjadi dasar adanya penyembelihan hewan Kurban.
 
Nabi Yusuf pernah bermimpi, dalam mimpinyan beliau melihat tujuh ekor sapi yang gemuk dimakan oleh tujuh ekor sapi yang kurus. Nabi Yusuf juga melihat tujuh butir gandum yang subur dan tujuh butir pula yang kering. 
 
 
Mimpi tersebut memberikan pertanda akan tiba tujuh tahun yang sulit, sehingga kaum pada masa Nabi Yusuf harus bercocok tanam selama tujuh tahun dan menyimpan persediaan makanan untuk menghadapi masa sulit tersebut. 
 
2. Mimpi dari bisikan setan atau waswasah
Mimpi yang berasal dari setan merupakan mimpi buruk. Dalam mimpi tersebut, orang akan merasa ketakutan dan kebingungan. Namun ketakutan tersebut bukan merupakan rasa takut kepada Allah.
 
 
 
"Yang kedua waswasatus syayaatiin, bisikan setan," kata Ustadz Abdul Somad dikutip dari video yang diunggah di channel YouTube Ustadz Abdul Somad Official pada 15 Maret 2020.

Jika Anda mengalami mimpi ini, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Pertama bangun dari tidur Anda, kemudian membaca kalimat ta'awudz yang berbunyi "a'uudzubillahi minas syaithaanir rajiim".

Kemudian tiup kesebelah sisi kiri Anda dengan sedikit disertai air ludah, namun tidak perlu sampai meludah.
 
Baca Juga: 3 Ayat Al-Qur’an Yang Bisa Dipanjatkan Untuk Percepat Jodoh dalam Islam, Salah Satunya Doa Nabi Zakaria

Untuk mencegah mimpi ini terjadi dalam tidur Anda, sebaiknya sebelum tidur sempatkan untuk membaca do'a sebelum tidur, Al Fatihah satu kali, Al Ikhlas tiga kali, Al Falaq satu kali, An Nas satu kali, dan Ayat Kursi satu kali.

Setelah membaca bacaan tersebut, tiup telapak tangan Anda lalu usapkan ke wajah dan kepala. Hal ini dilakukan untuk menjaga dari gangguan setan, sihir, dan gangguan buruk lainnya.

3. Proses beripikir diwaktu siang yang tidak selesai hingga terbawa kedalam mimpi

"Bunga-bungan tidur, proses berpikir siang tidak selesai terbawa berlanjut ke tidur malam, " ucap Ustadz Abdul Somad dikutip dari video yang diunggah di channel YouTube Ustadz Abdul Somad Official pada 15 Maret 2020.
 
Baca Juga: Doa di Waktu Sujud untuk Mengabulkan Hajat, Amalan yang Sering Dilakukan Rasulullah SAW dalam Sholatnya

Mimpi ini merupkan mimpi yang disebabkan dari pikiran manusia. Jika orang memikirkan suatu hal di siang hari, kemudian dia masih terus memikirkannya maka hal-hal yang dia pikirkan bisa saja masuk ke dalam mimpi.
 
Itulah tiga jenis mimpi dan artinya menurut Ustadz Abdul Somad. Untuk menghindarkan diri dari mimpi buruk, biasakan diri Anda untuk membaca do'a sebelum tidur.*** 

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x