Jadwal Bansos Sembako BPNT Rp300 Ribu Segera Cair, Cek Daftar KPM dan Syarat Bantuan Masuk ke Kartu Sembako

- 2 Desember 2021, 13:30 WIB
Ilustrasi dana bansos sembako BPNT Rp300 ribu yang segera cair ke kartu sembako bulan Desember 2021 dari Kemensos.
Ilustrasi dana bansos sembako BPNT Rp300 ribu yang segera cair ke kartu sembako bulan Desember 2021 dari Kemensos. /PIXABAY/EmAji

BERITA DIY - Bantuan sosial atau bansos sembako BPNT Rp300 ribu akan segera cair bulan Desember 2021 ini kepada daftar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang memiliki kartu sembako dan memenuhi syarat sebagai penerima.

KPM yang mendapatkan bansos sembako BPNT Rp300 ribu akan terdaftar di aplikasi Cek Bansos atau link cekbansos.kemensos.go.id. Cara cek penerima dapat dilakukan dengan mudah pakai nama terang dan alamat lengkap sesuai KTP.

Sesuai jadwal penyaluran, bansos sembako BPNT Rp300 ribu akan cair bulan Desember 2021 sebagai akhir dari penyaluran bantuan sembako tahun 2021 ini. Kemensos belum memberitahukan keberlanjutan bansos sembako BPNT Rp300 ribu apakah akan disalurkan tahun depan atau tidak.

Baca Juga: Cara Cek Bansos Sembako BPNT Rp300 Ribu Tanpa Aplikasi, Penyaluran Pakai Kartu Sembako Cair Desember 2021

Meski demikian, bansos sembako BPNT awalnya hanya cair dengan nominal Rp200 ribu dan mendapatkan tambahan dana optimalisasi Kemensos dari rencana anggaran yang diusulkan ke DPR hingga saat ini cair sebanyak Rp300 ribu.

Cara untuk cek penerima bansos sembako BPNT Rp300 ribu bisa dilakukan pakai aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Cara non aplikasi bisa dilakukan dengan login ke link cekbansos.kemensos.go.id.

Adapun cara cek di aplikasi dapat dilakukan menggunakan aplikasi Cek Bansos yang dikelola oleh Kemensos dengan tahapan cek sebagai berikut:

Baca Juga: Tanpa Aplikasi, Cara Cek Dana Bansos Sembako BPNT Rp300 Ribu di Link Online cekbansos.kemensos.go.id

  1. Download aplikasi Cek Bansos
  2. Buat akun baru atau user ID
  3. Login menggunakan user ID yang sudah diaktivasi dan diverivikasi oleh admin Kemensos
  4. Masukan nama Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Masukan nama lengkap sesuai dengan KTP
  6. Masukan kode verifikasi yang tertera, dan tekan ‘refresh’ jika kode yang muncul kurang jelas
  7. Tekan tombol ‘Cari Data’

Bansos sembako BPNT kembali disalurkan Kemensos dengan jadwal penyaluran bulan Desember 2021 dan nominal yang akan diterima KPM di kartu sembako adalah senilai Rp300 ribu.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x