Data EKTP Masyarakat Tak Terdaftar di Aplikasi Cek Bansos Masih Bisa Dapat Bansos Sembako BPNT dari Kemensos

- 27 November 2021, 18:16 WIB
Ilustrasi uang bansos sembako BPNT Rp300 ribu yang disalurkan ke kartu sembako.
Ilustrasi uang bansos sembako BPNT Rp300 ribu yang disalurkan ke kartu sembako. /PIXABAY/EmAji

BERITA DIY - Data nama lengkap dan alamat masyarakat yang tidak terdaftar di aplikasi Cek Bansos masih bisa mendapatkan bansos sembako BPNT Rp300 ribu dengan mendaftarkan diri di aplikasi yang sama.

Bansos sembako BPNT cair dengan nominal Rp300 ribu per bulannya sampai dengan bulan Desember 2021. Cara cek bansos sembako BPNT Rp300 ribu dapat dicek di menu aplikasi Cek Bansos.

Nominal bantuan Rp300 ribu bansos sembako BPNT tidak dapat ditarik secara tunai karena disalurkan oleh Kemensos menggunakan kartu sembako. Kartu Sembako adalah kartu belanja yang berisi saldo bantuan yang sudah dapat dibelanjakan oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Baca Juga: Bansos Sembako BPNT Rp300 Ribu Cair Hingga Desember 2021: Cek Penerima di Aplikasi dan Link Online Cek Bansos

Agar masyarakat bisa dapat bansos sembako BPNT Rp300 ribu, masyarakat dapat mengunduh aplikasi untuk mendaftarkan diri di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Masyarakat juga perlu menyiapkan data EKTP untuk keperluan pengisian formulir pendaftaran guna mengusulkan penerima.

Cara mudah mencalonkan diri atau daftar penerima bantuan kartu sembako atau bansos sembako BPNT Rp300 ribu dapat dilakukan di aplikasi Cek Bansos pakai HP sebagai berikut:

  1. Download aplikasi Cek Bansos
  2. Buat akun baru atau user ID
  3. Login menggunakan user ID yang sudah diaktivasi dan diverivikasi oleh admin Kemensos
  4. Masuk menu Tanggapan Kelayakan
  5. Pilih menu Usul
  6. Lengkapi data pengusul untuk mendapatkan bansos sembako BPNT
  7. Isi data dengan sebenarnya dan kirim formulir usulan penerima bansos agar sesuai dengan data di Disdukcapil

Baca Juga: Bansos Sembako BPNT Rp300 Ribu Disalurkan Sampai Akhir Desember 2021: Cek Daftar KPM di Aplikasi dan Link Ini

Penerima bansos sembako BPNT Rp300 ribu yang cair dapat dicek di link online resmi cekbansos.kemensos.go.id atau aplikasi Cek Bansos itu sendiri. Nama yang tercantum di link dan berstatus aktif adalah penerima bansos sembako BPNT Rp300 ribu.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network