10 Manfaat Buah Stroberi untuk Kesehatan: Mampu Meningkatkan Imunitas hingga Menurunkan Berat Badan

- 26 Februari 2021, 14:04 WIB
Mnafaat Buah Stroberi untuk Kesehatan
Mnafaat Buah Stroberi untuk Kesehatan /pixabay/ couleur

BERITA DIY – Buah stroberi merupakan salah satu jenis buah yang memiliki rasa enak. Namun, selain rasanya yang enak, rupanya buah stroberi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut akan dijelaskan sepuluh manfaat buah stroberi untuk kesehatan yang perlu diketahui.

Buah stroberi tergolong jenis buah yang dapat langsung dikonsumsi, buah berwarna merah ini memiliki rasa manis dan tekstur sedikit berair. Buah stroberi biasanya dijadikan makanan penutup, selai hingga jeli.

Buah stroberi sendiri bernama ilmiah Fragaria Ananassa merupakan buah yang paling poluer di dunia dan berasala dari Prancis. Buah stroberi ini kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, mineral dan sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Agar Anak Mau Makan Sayur, Coba Resep Omelet Sayur Berikut: Bahan Mudah Dijamin Enak

Berikut merupakan sepuluh manfaat buah stroberi untuk kesehatan yang wajib diketahui.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah stroberi mengandung banyak antioksidan dan polifenol yang mampu menjaga kesehatan jantung dari berbagai penyakit. Kandung antioksidan dalam stroberi mampu melindungi sistem peredaran darah dan mengatur tekanan darah. Mengonsumsi tiga porsi buah stroberi setiap minggu mampu mengurangi risiki serangan jantung.

  1. Mengatur Tekanan dan Kadar Gula Darah

Buah stroberi kaya akan kalium yang membantu mengontrol tekanan darah. Selain itu, kandungan asam ellagic dan antioksidan dalam buah stroberi mampu membantu memperlambat pencernaan makanan bertepung dan mengontrol kenaikan kadar gula darah. Kadar indeks glikemik yang rendah serta serat dalam buah stroberi mampu mengatur gula darah dan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  1. Mencegah Kolesterol

Buah stroberi mengandung pektin atau serat larut yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Konsumsi 500 gram stroberi secara teratur selama satu bulan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat serta mengurangi kerusakan oksidatif.

Baca Juga: Jangan Paksa Anak, Berikut 5 Tips Supaya Buah Hati Suka Sayur dan Buah

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x