Jangan Paksa Anak, Berikut 5 Tips Supaya Buah Hati Suka Sayur dan Buah

- 1 November 2020, 19:05 WIB
Ilustrasi si kecil tidak suka sayur
Ilustrasi si kecil tidak suka sayur /Freepik/a3pfamily

BERITA DIY - Menemani pertumbuhan si buah hati tentu saja menjadi momen-momen yang membahagiakan sekaligus sebuah tantangan. Terkadang asupan makan penting bagi pertumbuhan mereka seperti sayuran dan buah-buahan tidak disukai si buah hati.

Tentu hal ini bisa mengkhawatirkan jika pertumbuhan tidak optimal karena si buah hati menganggap sayuran atau buah-buahan sebuah momok. Apalagi sebagian besar nutrisi dan kebutuhan untuk buah hati berasal dari sayur dan buah-buahan.

Sayuran dan buah-buahan menjadi makanan wajib untuk nutrisi harian mereka, seperti serat, vitamin, mineral, zink, dan protein.

Baca Juga: Cara Daftar dan Cek Penerima Bansos BLT BST Rp 500 Ribu per KK, Sembako dan Bantuan Terbaru Pakai HP

Kalau si buah hati sering menolak untuk makan sayuran dan buah-buahan, jangan dipaksa untuk memakannya, karena paksaan akan mengingatnya sebagai kenangan negatif.

Ayah dan Bunda bisa mencoba beberapa tips berikut untuk membuat si buah hati mau makan sayuran dan buah-buah dengan senang hati.

1. Orang tua harus menjadi contoh

Anak adalah peniru ulung, apa yang dilihatnya menjadi sebuah pendidikan baginya. Begitu juga dengan makan sayur atau buah. Kalau si kecil jarang melihat orang tuanya makan sayur atau buah, mereka juga enggan memakannya karena itu dianggap sebagai makanan yang tidak mereka kenali.

Jadikan sayuran dan buah-buahan adalah makanan pokok yang dimakan orang tua dan anak, dan selalu tersedia di meja makan.

2. Tumbuhkan rasa suka anak terhadap sayuran dan buah-buahan

Anak bisa diajarkan untuk menyukai sayuran dan buah-buahan. Ini hanya perlu waktu dan intensitas. Coba untuk selalu libatkan si kecil dalam proses menghidangkan makanan.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x