Cara Daftar dan Cek Penerima Bansos BLT BST Rp 500 Ribu per KK, Sembako dan Bantuan Terbaru Pakai HP

- 1 November 2020, 17:40 WIB
Petugas melakukan pemotretan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) saat penyaluran Bantuan Sosial Tunai di Kantor Pos Banda Aceh, Aceh, Sabtu, 17 Oktober 2020. Pemerintah Aceh menyebutkan hingga September 2020 telah menyalurkan bantuan sosial senilai Rp.2,3 triliun untuk sebanyak 284.771 KPM melalui Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan  Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa/hp.
Petugas melakukan pemotretan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) saat penyaluran Bantuan Sosial Tunai di Kantor Pos Banda Aceh, Aceh, Sabtu, 17 Oktober 2020. Pemerintah Aceh menyebutkan hingga September 2020 telah menyalurkan bantuan sosial senilai Rp.2,3 triliun untuk sebanyak 284.771 KPM melalui Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa/hp. /AMPELSA/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Kemensos menyiapkan berbagai bantuan kepada masyarakat yang terimbas dampak Covid-19 melalui Bantuan Sosial Tunai (BST).

Adapun bentuk BST, pertama yaitu BLT Rp 500 ribu per Kepala Keluarga (KK) yang dibagikan satu kali untuk 9 juta keluarga non Program Keluarga Harapan (PKH). Namun ternyata tak hanya itu saja.

Kemensos juga memberikan bansos bagi 10 juta KK berupa beras 15 kg per bulan selama 3 bulan. Lalu juga 9 juta keluarga dapat BST sebesar Rp 600 ribu per KK, yang kini turun jadi Rp 300 ribu per KK.

Baca Juga: Waduh! BPJS Ketenagakerjaan & Kemnaker Hapus 152 Ribu Penerima BLT Subsidi Gaji Gelombang 2, Kenapa?

Sebelumnya BST telah disalurkan pada April-Juni 2020 dengan nilai bantuan sebesar Rp600 ribu per KPM, kemudian berkurang menjadi Rp300 ribu per KPM pada Juli-Desember 2020 seiring dengan bantuan-bantuan lain yang juga diberikan oleh berbagai kementerian/lembaga.

BST gelombang I dan II hanya menjangkau 33 provinsi karena DKI Jakarta mendapatkan bantuan sosial sembako. Sedangkan pada 2021 BST akan menjangkau semua provinsi termasuk DKI Jakarta.

Lebih lanjut Asep mengatakan realisasi BST secara nasional hingga saat ini sudah mencapai 82 persen.

Baca Juga: NIK Tak Tercantum di eform.bri.co.id/bpum Bisa Dapat BPUM UMKM! Ini Syarat dan Cara Daftar Bantuan

Penyaluran dilakukan bekerja sama dengan PT Pos melalui kantor pos, komunitas dan juga langsung ke rumah-rumah bagi warga disabilitas berat maupun usia lanjut termasuk ke daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x