Arti dan Makna Idul Fitri, Simak Pula Kandungan Hikmah yang Ada di Baliknya

- 1 Mei 2022, 08:00 WIB
Ini dia arti dan makna Idul Fitri. Simak pula kandungan hikmah yang ada di balik Idul Fitri, tentang mengapa umat Islam merayakannya?
Ini dia arti dan makna Idul Fitri. Simak pula kandungan hikmah yang ada di balik Idul Fitri, tentang mengapa umat Islam merayakannya? /Makna Zaezar/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Ini dia arti dan makna Idul Fitri. Simak pula kandungan hikmah yang ada di balik Idul Fitri, tentang mengapa umat Islam merayakannya?

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari raya umat Islam yang dirayakan setiap tanggal 1 Syawal, bulan setelah bulan Ramadhan dalam kalender hijriah.

Maka itu, tak ayal bila tanggal 1 Syawal tak pernah sama dalam hitungan kalender masehi. Namun, umat Islam tak pernah berhenti menyemarakkan datangnya Idul Fitri.

Baca Juga: Bacaan Doa Takbiran Idul Fitri yang Panjang dan Lengkap Untuk Lebaran 2022: Arab, Latin, dan Artinya

Lalu, apa sebenarnya makna dan arti Idul Fitri? Mengapa umat Islam merayakannya?

Mengutip laman NU Jombang pada Sabtu, 30 April 2022, Idul Fitri memiliki arti kembali ke kesucian. Hal itu lantaran Idul Fitri berasal dari dua kata bahasa Arab, yakni 'Id dan Fitri.

Selain kesucian, kata fitri sendiri juga bisa bermakna "awal kejadian". Artinya, Idul Fitri bisa juga diartikan sebagai kembali ke awal mula kejadian.

Baca Juga: Contoh Kartu Ucapan Idul Fitri dengan Tema Unik, Bisa di-Print atau Posting Digital

Dengan begitu, secara makna, Idul Fitri bisa diartikan sebagai momen di mana manusia pada saat itu kembali ke awal semula diciptakan.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x