Bacaan Doa Takbiran Idul Fitri yang Panjang dan Lengkap Untuk Lebaran 2022: Arab, Latin, dan Artinya

- 30 April 2022, 20:15 WIB
ILUSTRASI - Bacaan takbiran untuk Hari Raya Idul Fitri 1443 H.
ILUSTRASI - Bacaan takbiran untuk Hari Raya Idul Fitri 1443 H. /PIXABAY/@GDJ

BERITA DIY - Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022, umat muslim mengumandangkan takbir jelang hari raya. Berikut bacaan doa takbiran Idul Fitri yang panjang dan lengkap untuk lebaran 2022.

Sudah menjadi tradisi, jelang hari raya kumandang takbir selalu menggema. Pada Hari Raya Idul Fitri, tabir dikumandangkan pada malam hari saat masuknya 1 Syawal hingga keesokan harinya setelah sholat ied.

Momen Idul Fitri menjadi puncak setelah seorang muslim berhasil menjalankan ibadah puasa wajib Ramadhan satu bulan lamanya.

Baca Juga: Contoh Kartu Ucapan Idul Fitri dengan Tema Unik, Bisa di-Print atau Posting Digital

Takbiran sendiri merupakan sebuah kegiatan dimana seorang muslim mengumandangkan takbir. Menggemakan takbir biasanya dilakukan di masjid atau dengan berkeliling atau disebut tabir keliling.

Mengucapkan takbir "Allahu Akbar" sendiri adalah salah satu amalan sunnah. Hal ini karena dalam takbir mengandung kalimat yang mengagungkan asma Allah SWT berarti karena arti (اللَّهُ أَكْبَرُ) ialah  "Allah Mahabesar".

Dilansir dari laman almunawwar.or.id, takbir sendiri terbagi mejadi dua yakni takbir mursal dan takbir muqayyad.

1. Takbir Mursal

Takbir mursal ialah takbir yang waktunya tidak mengacu waktu shalat. Takbir ini7 sunnah dikumandangkan setiap waktu sehingga tidak mesti harus dibaca usai ibadah sholat fardhu maupun sunnah.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x