Lebaran Idul Fitri Tanggal 2 atau 3 Mei 2022? Simak Kriteria dan Posisi Hilal pada 1 Mei Saat Sidang Isbat

- 30 April 2022, 15:00 WIB
ilustrasi - Keterangan tanggal Lebaran Idul Fitri 2022 dan kriteria serta posisi hilal lengkap.
ilustrasi - Keterangan tanggal Lebaran Idul Fitri 2022 dan kriteria serta posisi hilal lengkap. / PIXABAY/LN_Photoart

BERITA DIY - Penjelasan kapan tanggal Idul Fitri atau Lebaran 1443 H beserta kriteria penetapan dan posisi Hilal pada hari ini.

Hingga sampai saat ini belum terdapat penetapan tanggal mengenai kapan memasuki waktu Idul Fitri atau Lebaran pada 1443 H.

Dari informasi yang beredar di masyarakat, untuk tanggal Idul Fitri atau Lebaran sendiri diperkirakan akan dimasuki yaitu pada tanggal 2 atau 3 Mei 2022 mendatang.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Kemasan 1 Hari Ini H-2 Lebaran 2022 Tembus Rp27 ribu, Ini Update Harga Minyak Goreng

Munculnya tanggal Hari Raya Idul Fitri pada 2 April 2022 sendiri merupakan hasil dari keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah dari hasil penghitungan atau yang disebut dengan metode hisab tersebut.

Sedangkan dari pemerintah melalui Kemenag dipastikan bahwa penentuan tanggal Idul Fitri atau Lebaran 2022 nantinya akan diputuskan pada saat melaksanakan Sidang Isbat.

Dalam Sidang Isbat tersebut nantinya akan dilakukan pembahasan berdasarkan pada kriteria kenampakan hilal apakah nantinya telah memenuhi syarat untuk masuk Idul Fitri atau belum.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 1443 H dari Kemenag: Tayang Dimana dan Jam Berapa?

Syarat atau kriteria yang digunakan oleh Kemenag untuk menentukan tanggal Lebaran Idul Fitri ini berdasarkan pada ketetapan yang disepakati pada MABIMS tahun 2016.

Dalam MABIMS tahun 2016 sendiri telah ditetapkan aturan atau kriteria posisi minimal hilal sebagai penentuan untuk memasuki pada bulan baru atau pergantian bulan.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x