Ini Doa Setelah Tadarus Al-Quran Sesuai Sunnah Rasulullah SAW Lengkap dengan Latin dan Terjemahan Indonesia

- 10 April 2022, 21:01 WIB
Ini dia doa setelah tadarus Al-Qur'an sesuai sunnah yang dilengkapi dengan bacaan latin dan terjemahan bahasa Indonesia.
Ini dia doa setelah tadarus Al-Qur'an sesuai sunnah yang dilengkapi dengan bacaan latin dan terjemahan bahasa Indonesia. /Pixabay.com/@Afshad

BERITA DIY - Ini dia doa setelah tadarus Al-Qur'an sesuai sunnah yang dilengkapi dengan bacaan latin dan terjemahan bahasa Indonesia.

Setelah membaca Al-Qur'an, biasanya kita akan melafalkan "shadaqallahul 'adzim" yang artinya "Maha benar Allah Yang Maha Agung".

Namun, ketahuilah bahwa sebenarnya Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita untuk membaca satu lafaz doa yang beliau sebutkan dalam salah satu haditsnya.

Baca Juga: Doa Sujud Sajadah atau Tilawah yang Dibaca Saat Menemukan Ayat Sajadah dalam Al-Quran

Kata Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Nasa'i:

“Betul, barang siapa yang mengucapkan kebaikan maka dengan kalimat tersebut amal tadi akan dipatri dengan kebaikan. Barang siapa yang mengucapkan kejelekan maka kalimat tersebut berfungsi untuk menghapus dosa. Itulah ucapan Subhanakallahumma wa bihamdika laa ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik.” (HR. Imam Nasa'i).

Jika merujuk pada hadits di atas, maka apa yang disebutkan di awal paragraf ialah benar adanya, di mana setelah lafaz shadaqallahul 'adzim, umat Islam disunnahkan membaca doa sebagaimana anjuran Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Tata Cara Khatam Al Quran Ramadhan 2022 dan Bacaan Doa Khataman Quran Lengkap Arab, Latin serta Artinya

Adapun bacaan doa setelah membaca Al-Qur'an seperti dianjurkan oleh Nabi Muhammad Saw dalam hadits di atas dapat disimak di bawah ini:

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x