Apa Itu Sedekah Jariyah, Keutamaan, dan Contohnya, Amalan yang Tak Putus Meski Meninggal

- 5 April 2022, 19:42 WIB
Ilustrasi apa itu sedekah jariyah? Pahami pula keutamaan serta contohnya. Benarkah sedekah jariyah adalah amalan yang tak putus.
Ilustrasi apa itu sedekah jariyah? Pahami pula keutamaan serta contohnya. Benarkah sedekah jariyah adalah amalan yang tak putus. /PIXABAY/@stevepb

BERITA DIY - Simak apa itu sedekah jariyah? Pahami pula keutamaan serta contohnya. Benarkah sedekah jariyah adalah amalan yang tak putus meski sudah meninggal.

Seperti kita tahu, dalam ajaran agama Islam, meninggal dunia adalah pertanda bahwa segala amalan yang kita lakukan di dunia sudah terputus.

Misalnya, shalat, naik haji, puasa, hingga mengaji Al-Quran, tidak akan terus berlangsung ketika manusia sudah berpindah ke alam qubur.

Baca Juga: Ramadhan 2022: Berapa Hari Lagi Puasa, 4 Sunnah Bulan Ramadhan, Mengakhirkan Makan Sahur dan Keutamaan Sedekah

Namun, hal itu tidak terjadi bagi tiga jenis ibadah, yakni anak yang sholeh, ilmu yang bermanfaat, dan sedekah jariyah. Hal itu sebagaimana disebutkan oleh Nabi Muhammad Saw dalam haditsnya.

“Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara yaitu: Sedekah jariyah, anak yang sholeh yang memohonkan ampunan untuknya (Ibu dan bapaknya) dan ilmu yang berguna setelahnya“. (HR. Muslim).

Penjelasannya sebagai berikut. Anak yang sholeh akan terus mengalirkan pahala bagi kedua orang tuanya meskipun orang tuanya telah meninggal dunia.

Baca Juga: Profil Scott Redding, Pebalap WSBK 2021 yang Sedekah Uang ke Bocah Penjual Gelang di Lombok

Sementara, ilmu yang bermanfaat adalah ilmu atau pengetahuan yang diwariskan oleh seseorang kepada generasi baru, dan terus bermanfaat sepanjang zaman, maka si pewaris ilmu tadi akan mendapatkan pahala yang terus berlangsung meski telah meninggal dunia.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x