Ibadah Puasa Nisfu Syaban Berapa Hari? Simak Bacaan Niat dan Artinya Beserta Keutamaan yang Dimiliki

- 17 Maret 2022, 18:00 WIB
Ilustrasi - Ini  jawaban puasa Nisfu Syaban berapa hari, keutamaan, dan bacaan niat puasa dalam Bahasa Arab, Latin, dan arti Bahasa Indonesia.
Ilustrasi - Ini jawaban puasa Nisfu Syaban berapa hari, keutamaan, dan bacaan niat puasa dalam Bahasa Arab, Latin, dan arti Bahasa Indonesia. /Freepik/jcomp

BERITA DIY - Penjelasan mengenai ibadah puasa Nisfu Syaban dapat dilakukan berapa hari lengkap dengan bacaan niat dalam Bahasa Arab, Latin, dan arti Bahasa Indonesia beserta keutamaan.

Sebelum menjalankan puasa Nisfu Syaban yang akan jatuh pada tanggal 15 bulan Syaban atau dalam perhitungan Masehi akan dapat dilakukan pada tanggal 18 Maret 2022 esok hari, dapat diketahui dahulu berapa hari pelaksanaannya.

Untuk menjawab pertanyaan mengenai berapa hari puasa Nisfu Syaban sendiri diketahui dapat dilakukan atau dilaksanakan bersamaan dengan puasa Ayyamul Bidh pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan pada tahun Hijriyah.

Baca Juga: Kapan Waktu Sholat Nisfu Syaban Terbaik? Bacaan Niat Amalan Sunah di Malam Pertengahan Sya'ban 2022

Hal ini diketahui berdasarkan hadist shahih yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW mengenai puasa Ayyamul Bidh yang dapat dilaksanakan 3 hari dalam bulan Hijiriyah termasuk pada bulan Syaban.

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

Artinya: "Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah)." (HR Tirmidzi).

Sedangkan dengan bertepatannya Puasa Ayyamul Bidh dengan Puasa Nisfu Syaban sendiri, maka puasa yang dilakukan sebelum tanggal 15 Syaban merupakan Puasa Ayyamul Bidh, sedangkan yang dilaksanakan pada tanggal 15 Syaban adalah pula Puasa Nisfu Syaban.

Baca Juga: Kapan Waktu Sholat Nisfu Syaban Terbaik? Bacaan Niat Amalan Sunah di Malam Pertengahan Sya'ban 2022

Lebih lanjut, mengenai puasa Nisfu Syaban yang dapat dilaksanakan pada tanggal 15 Syaban atau tepat pada 18 Maret 2022 esok hari memiliki tata cara yang hampir sama seperti ibadah puasa yang lainnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah