Apa Itu Malam Nisfu Syaban? Ini Penjelasan, Waktu, Keutamaan, Amalan Puasa, dan Sholat yang Dianjurkan

- 17 Maret 2022, 15:34 WIB
ilustrasi - Penjelasan apa itu malam Nisdu Syaban, keutamaan, dan amalan yang dianjurkan dalam malam penuh berkah ini seperti puasa dan sholat malam Nisfu Syaban.
ilustrasi - Penjelasan apa itu malam Nisdu Syaban, keutamaan, dan amalan yang dianjurkan dalam malam penuh berkah ini seperti puasa dan sholat malam Nisfu Syaban. /Freepik/jcomp

BERITA DIY - Berikut penjelasan apa itu malam Nisdu Syaban, keutamaan, dan amalan yang dianjurkan dalam malam penuh berkah ini seperti puasa dan sholat malam Nisfu Syaban.

Pada kalender Hijriyah, saat ini sudah memasuki bulan Syaban. Dalam bulan ini terdapat peristiwa penting yaitu malam Nisfu Syaban.

Apa itu malam Nisfu Syaban?

Malam Nisfu Syaban merupakan satu malam penuh barokah bagi umat Islam. Malam Nisfu Syaban juga disebutkan bahwa Allah SWT akan mengampuni umat-Nya kecuali golongan orang musyrik atau orang yang bersitegang/bersengketa, sebagaimana Abu Musa Al-Asyari dari rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin 83 Ayat Lengkap Bahasa Arab, Latin, Indonesia: Dibaca 3 Kali Saat Malam Nisfu Syaban 2022

إن الله ليطلع في ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن

“Sesungguhnya Allah melihat waktu malam pertengahan Sya’ban, maka (Allah) mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik atau orang yang bersengketa," (HR. Ibnu Majah).

Apa amalan yang dianjurkan pada malam Nisfu Syaban?

Amalan yang dianjurkan dilakukan pada malam Nisfu Syaban yaitu melakukan puasa. Salah satu keutamaan puasa Nisfu Sya'ban adalah akan mendapat syafa'at Rasulullah SAW kelak di hari kiamat.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x