Hari HAM Internasional 10 Desember 2021, Ini Profil 5 Tokoh Pejuang Hak Asasi Manusia di Indonesia

- 9 Desember 2021, 18:10 WIB
Simak daftar lima tokoh Hak Asasi Manusia Indonesia dalam rangka Hari HAM Sedunia 10 Desember 2021.
Simak daftar lima tokoh Hak Asasi Manusia Indonesia dalam rangka Hari HAM Sedunia 10 Desember 2021. /Instagram.com/@museum_ham_munir

BERITA DIY - Simak profil lima tokoh pejuang Hak Asasi Manusia di Indonesia dalam rangka Hari HAM Sedunia yang jatuh pada hari Jumat, 10 Desember 2021.

Negara-negara di dunia rutin merayakan Hari HAM Internasional setiap tanggal 10 Desember. Adapun tahun 2021 ini mengusung tema "Equality" atau "Kesetaraan" yang diharapkan mampu menyentuh seluruh orang di dunia untuk memiliki akses di berbagai macam sumberdaya.

Di balik meriahnya Hari HAM Sedunia 10 Desember 2021, Indonesia tentunya memiliki tokoh yang lantang menyuarakan Hak Asasi Manusia di Tanah Air. 

Sebagai informasi, sejarah Hari HAM Internasional dimulai sejak zaman Raja Cyrus yang memerintah Persia Kuno pada abad ke 539 SM kala itu.

Baca Juga: Sejarah Hari HAM Sedunia 10 Desember 2021, Tema hingga Link Download Twibbon Peringatan

Sang Raja mengeluarkan kebijakan Cyrus Cylinder yang berisi tentang perlindungan HAM. Bahkan, dokumen tersebut ditetapkan sebagai Piagam HAM tertua di dunia dan telah diterjemahkan ke dalam enam bahasa resmi PBB.

Selanjutnya PBB mengadopsi Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DURHAM) pada tanggal 10 Desember 1948 melalui resolusi 217 A (III), yang mengamanatkan negara-negara anggota PBB ataupun bukan, diharapkan menjamin, menghormati, dan melindungi HAM kepada rakyatnya. 

Setelah mengetahui sejarah singkat Hari HAM Internasional, berikut ini lima tokoh atau pejuang yang menyuarakan Hak Asasi Manusia di Indonesia.

Baca Juga: 8 Desember Memperingati Hari Ulang Tahun Munir Said Thalib, Simak Profil dan Kelanjutan Kasus Kematiannya

1. Munir Said Thalib

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x