Fenomena Hari Tanpa Bayangan Mulai Hari Ini di Indonesia: Simak Jadwal, Daftar Wilayah, dan  Cara Menyaksikan

- 6 September 2021, 16:05 WIB
ILUSTRASI - Fenomena hari tanpa bayangan di sejumlah wilayah Indonesia. Simak jadwal dan cara melihat fenomena tersebut.
ILUSTRASI - Fenomena hari tanpa bayangan di sejumlah wilayah Indonesia. Simak jadwal dan cara melihat fenomena tersebut. /PEXELS/Brett Sayles

BERITA DIY - Dimulai hari ini, Senin, 6 September 2021 beberapa wilayah Indonesia akan mengalami suatu fenomena yang disebut hari tanpa bayangan.

Lembaga Antariksa dan Penerbangan atau LAPAN memprediksi terjadinya fenomena hari tanpa bayangan akan dimulai dari 6 September hingga 21 Oktober 2021 mendatang.

Fenomena disebabkan karena letak geografis Indonesia yang memungkinkan posisi matahari tepat berada di atas Indonesia. Indonesia terbentang dari 6 derajat Lintang Utara hingga 11 derajat lintang selaran dan dibelah oleh garis khatulistiwa.

Baca Juga: Apa Itu Hari Tanpa Bayangan Matahari? Fenomena Alam yang Akan Segera Terjadi di Indonesia, Ini Penjelasannya

Dengan posisi gegrafis tersebut, matahari akan berada persis di atas Indonesia dua kali setahun. Kejadian pertama sudah terjadi sejak akhir Februari hingga Awal april 2021. Menyusul kejadian kedua 6 September hingga 21 Oktober.

Berikut daftar wilayah dan jadwal kapan matahari akan berada di atas kota-kota besar di Indonesia, sehingga memunculkan fenomena hari tanpa bayangan, dari data LAPAN:

Sumatera

Sabang (paling awal)
Tanggal: 6 September 2021
Waktu: 12.36.45 WIB

Banda Aceh
Tanggal: 7 September 2021
Waktu: 12.36.20 WIB

Medan
Tanggal: 13 September 2021
Waktu: 12.21.15 WIB

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta

Sumber: LAPAN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x