Apa Itu Hari Tanpa Bayangan Matahari? Fenomena Alam yang Akan Segera Terjadi di Indonesia, Ini Penjelasannya

- 6 September 2021, 11:05 WIB
ILUSTRASI - Penjelasan hari tanpa bayangan matahari di Indonesia, waktu dan cara melihat.
ILUSTRASI - Penjelasan hari tanpa bayangan matahari di Indonesia, waktu dan cara melihat. /ANTARA FOTO/ SAIFUL BAHRI

BERITA DIY - Kenali apa itu fenomena alam hari tanpa bayangan matahari yang akan terjadi, serta penjelasan lengkap mengenai kapan terjadinya dan cara untuk melihat peristiwa itu.

Salah satu fenomena alam akan segera terjadi di Indonesia, peristiwa tersebut dinamakan hari tanpa bayangan matahari. Bahkan Lembaga Antariksa dan Penerbangan atau LAPAN telah menjelaskan terjadinya peristiwa itu.

Peristiwa hari tanpa bayangan matahari diprediksi akan segera hadir di Indonesia. Tanggal pasti terjadinya fenomena alam tersebut disebutkan akan terjadi pada 6 September 2021 hingga 21 Oktober 2021.

Baca Juga: Apa Itu Hari Tanpa Hujan? Fenomena Alam yang Segera Menghampiri Indonesia, Berikut Penjelasannya

Lebih lanjut, menurut penuturan dari perwakilan LAPAN diketahui bahwa fenomena alam hari tanpa bayangan matahari merupakan suatu peristiwa saat matahari berada tepat di atas langit Indonesia.

Ketika matahari berada tepat di atas langit Indonesia menyebabkan tak akan muncul bayangan yang ditimbulkan oleh sinar yang terpancar darinya.

Sehingga bayangan yang biasanya muncul dari sebuah benda tak akan tampak. Fenomena hari tanpa bayangan matahari ini membuat benda yang tegak tak memiliki rongga tidak memunculkan bayangan dari sinar matahari.

Baca Juga: Apa Itu Blue Moon yang Bakal Terjadi Malam Ini, Bagaimana Cara dan Waktu Terbaik Buat Lihat Fenomena Alam Itu

Penyebab terjadinya fenomena hari tanpa bayangan ini juga disebutkan karena letak geografis yang dimiliki oleh Indonesia yang terletak pada 6 derajat lintang utara dan 11 derajat lintang selatan cukup mempengaruhi.

Selain itu, garis katulistiwa yang membelah Indonesia juga menyebabkan terjadinya fenomena alam ini. Bahkan hari tanpa matahari di Indonesia bisa terjadi 2 kali dalam 1 tahun.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x