Kapan Fenomena Hari Tanpa Bayangan di Indonesia? Catat Tanggal, Waktu dan Daerahnya

- 31 Agustus 2021, 17:02 WIB
ILUSTRASI: Fenomena hari tanpa bayangan di Indonesia.
ILUSTRASI: Fenomena hari tanpa bayangan di Indonesia. /PIXABAY/ Hamsterfreund

BERITA DIY – Indonesia akan mengalami hari tanpa bayangan, informasi mengenai kapan, tanggal, waktu, dan daerah mana saja yang akan mengalami fenomena ini telah disampaikan Lapan.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyampaikan jika Indonesia akan mengalami hari tanpa bayangan matahari.

Fenomena yang terjadi dua kali dalam setahun ini akan kembali terjadi di Indonesia mulai bulan September 2021 mendatang.

Baca Juga: Apa Itu Hari Tanpa Hujan? Fenomena Alam yang Segera Menghampiri Indonesia, Berikut Penjelasannya

Sebelumnya fenomena hari tanpa bayangan matahari sudah berlaku di Indonesia sejak Februari hingga awal April 2021 lalu. Masyarakat dapat menyaksikan fenomena ini di waktu tengah hari.

Hal ini dapat terjadi dikarenakan Indonesia memiliki posisi geografis terbentang dari 6 derajat Lintang Utara hingga 11 derajat Lintang Selatan dan dibelah oleh garis khatulistiwa.

“Ketika posisi matahari berada di atas Indonesia, tidak ada bayangan yang terbentuk oleh benda tegak tak berongga saat tengah hari, sehingga fenomena ini dapat disebut hari tanpa bayangan matahari,” jelas Andi Pangerang, peneliti Pusat Sains dan Antariksa Lapan, seperti dikutip dari ANTARANEWS, Sabtu, 28 Agustus 2021 lalu.

Baca Juga: Apa Itu Blue Moon yang Bakal Terjadi Malam Ini, Bagaimana Cara dan Waktu Terbaik Buat Lihat Fenomena Alam Itu

Daerah

Fenomena hari tanpa bayangan ini akan terjadi di daerah atau kota-kota yang terletak di antara dua garis.

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x