Hujan Meteor Perseid dan Kappa Cygnid Jatuh ke Bumi, Simak Jadwal Fenomena Astonomi Agustus 2021 di Indonesia

- 3 Agustus 2021, 10:00 WIB
ILUSTRASI - Ada hujan meteor Perseid, Kappa Cygnid dan Apoge Bulan, berikut jadwal fenomena astronomi akan hadir di bulan Agustus 2021.
ILUSTRASI - Ada hujan meteor Perseid, Kappa Cygnid dan Apoge Bulan, berikut jadwal fenomena astronomi akan hadir di bulan Agustus 2021. /PIXABAY/OpenClipart-Vectors

BERITA DIY - Sejumlah fenomena astronomi akan hadir di bulan Agustus 2021 ini. Ada hujan meteor Perseid, Kappa Cygnid dan Apoge Bulan, berikut adalah jadwal selengkapnya.

Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) merilis daftar fenomena astronomi yang akan terjadi pada bulan Agustus ini, termasuk hujan meteor yang jatuh ke Bumi.

Dikutip dari akun Instagram @pussainsa_lapan, Minggu 1 Agustus 2021, tercatat sedikitnya ada 4 fenomena astronomi yang terjadi di bulan Agustus 2021.

Baca Juga: Siap-siap! Fenomena Alam Hujan Meteor akan Terjadi Besok, Begini Cara Melihat dan Waktu Terbaik untuk Foto

Dan, inilah daftar beberapa fenomena astrologi yang bisa masyarakat Indonesia saksikan di bulan Agustus 2021:

Puncak hujan meteor Perseid

Hujan meteor Perseid terjadi selama 17 Juli hingga 24 Agustus 2021. Diprediksi LAPAN, puncak hujan meteor Perseid akan terjadi pada 12-13 Agustus 2021.

Masyarakat bisa menyaksikan hujan meteor Perseid dari arah utara sampai barat laut, mulai tengah malam waktu setempat.

Durasi hujan meteor hanya akan terjadi sekitar 20 menit. Hujan meteor yang tampak di Indonesia, mencapai 60-90 meteor tiap jam dengan kelajuan meteor mencapai 212.400 km/jam.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x