SELAMAT! UMKM Tak Terdaftar BPUM BRI eform.bri.co.id Bisa Dapat 4.200.000 Saldo Dana GRATIS, Daftar DI SINI

- 26 April 2024, 19:09 WIB
Ilustrasi - Cek penerima bpum BRI eform.bri.co.id - BNI banpresbpum.id, daftar BPUM online, BPUM 2024 kapan cair, dan BPUM 2024 kapan dibuka.
Ilustrasi - Cek penerima bpum BRI eform.bri.co.id - BNI banpresbpum.id, daftar BPUM online, BPUM 2024 kapan cair, dan BPUM 2024 kapan dibuka. /Tangkap layar: eform.bri.co.id

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari cek penerima bpum BRI eform.bri.co.id - BNI banpresbpum.id, daftar BPUM online, BPUM 2024 kapan cair, dan BPUM 2024 kapan dibuka.

Di tengah tantangan ekonomi yang melanda sejak pandemi COVID-19, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia mengalami tekanan besar.

Sebagai tulang punggung ekonomi nasional, UMKM terpaksa beradaptasi dengan keadaan yang berubah-ubah.

Pada 2020, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) meluncurkan program Bantuan Presiden untuk Usaha Mikro (BPUM) sebagai bentuk mitigasi risiko yang dihadapi pelaku UMKM, dengan alokasi dana mencapai Rp 2,4 juta per UMKM, menjangkau hingga 12 juta penerima.

Baca Juga: TAK Perlu Cek Penerima BPUM eform.bri.co.id Pakai KTP, UMKM Pasti Dapat 4 Juta Saldo Dana GRATIS April 2024

Seiring berjalannya waktu, program tersebut mengalami penyesuaian pada tahun 2021, di mana nilai bantuan dipangkas menjadi Rp 1,2 juta.

Meskipun penurunan tersebut, jumlah penerima diharapkan tetap stabil.

Sistem verifikasi melalui eform.bri.co.id dan banpresbpum.id yang sebelumnya menjadi andalan, mengalami kendala pada tahun 2022, sehingga informasi penerimaan tidak lagi terupdate, dan akses pun terputus.

Kendati program BPUM berakhir dan tidak dilanjutkan pada 2023 seiring pemulihan kondisi UMKM, masih terdapat peluang bagi UMKM untuk mendapatkan dukungan finansial melalui inisiatif lain seperti Kartu Prakerja.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x