Jadwal Fenomena Langit Bulan Purnama dan Puncak Hujan Meteor pada Agustus 2021, Lengkap Cara Melihatnya

- 4 Agustus 2021, 18:12 WIB
Ilustrasi fenomena langit Bulan Purnama yang akan terjadi di bulan Agustus 2021 dan peristiwa puncak hujan meteor.
Ilustrasi fenomena langit Bulan Purnama yang akan terjadi di bulan Agustus 2021 dan peristiwa puncak hujan meteor. /Pixabay/susan-lu4esm

BERITA DIY - Pada bulan Agustus 2021, Lembaga Penerbangan dan Antarika Nasional (LAPAN) meneliti akan adanya puncak hujan meteor Perseid mendekati pertenggahan bulan Agustus. Hujan meteor ini juga telah berlangsung sejak Juli 2021.

Selain Hujan Meteor Perseid, pada bulan Agustus ini juga akan terjadi Puncak Hujan Meteor Kappa Cygnid pada pertengahan Agustus. Fenomena langit lainnya yang akan terjadi pada bulan Agustus 2021 adalah bulan penuh atau purnama.

Sebagai informasi, LAPAN merupakan lembaga pemerintah non kementerian yang menjalankan tugas pemerintahan di bidang penelitian dan pengembangan kedirgantaraan dan pemanfaatannya.

Baca Juga: Gerhana Matahari Cincin Terjadi Besok, Tonton Via Link Live Streaming Ini: Simak Daftar Tempat yang Bisa Lihat

LAPAN memiliki empat bidang atau divisi yang secara spesifik meneliti atau mengkaji masalah tertentu antara lain adalah penginderaan jauh, teknologi dirgantara, sains antariksa, dan kebijakan dirgantara.

Lembaga LAPAN bekerja di bawah koordinasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan saat ini dikepalai oleh Prof. Dr. Thomas Djamaluddin.

Untuk mengetahui fenomena langit hujan meteor dan bulan purnama yang akan terjadi pada bulan Agustus 2021 ini, silahkan simak jadwal fenomena bulan purnama dan hujan meteor Agustus 2021 lengkap dengan cara melihatnya:

Hujan Meteor Perseid

Fenomena langit Hujan Meteor Perseid telah aktif sejak 17 Juli hingga 24 Agustus 2021 dan puncaknya akan terjadi pada 12-13 Agustus 2021. Hujan Meteor Perseid dinamakan demikian karena letak titik asalnya berada di Konstelasi Perseus.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x