Apa Arti SImbol Huruf Z yang Dipakai Tentara Rusia dalam Perang ke Ukraina? Ini Makna dan Penjelasannya

- 9 Maret 2022, 14:38 WIB
ILUSTRASI - Ternyata ini arti dan makna huruf Z yang digunakan oleh tentara dan para pendukung Rusia saat menyerang Ukraina.
ILUSTRASI - Ternyata ini arti dan makna huruf Z yang digunakan oleh tentara dan para pendukung Rusia saat menyerang Ukraina. /Pixabay/Pexels

BERITA DIY - Simak penjelasan apa arti dan makna simbol huruf Z yang dipakai oleh tentara Rusia dalam perang ke Ukraina.

Baru-baru ini media sosial dibuat penasaran dengan arti simbol huruf Z yang dipakai oleh pihak Rusia dalam melakukan penyerangan ke negara tetangganya yakni Ukraina.

Beberapa hari sebelum invasi Rusia ke Ukraina dimulai pada awal Februari, muncul rekaman yang menunjukkan kendaraan militer dengan simbol putih, dan sekarang ditambah dengan simbol huruf Z.

Baca Juga: Profil Pasha Lee, Aktor Ukraina Tewas Tertembak Tentara Rusia saat Bela Negara: Usia, IG, Perjalanan Karier

Dikutip dari mirror.co.uk, simbol huruf Z tersebut bukan hanya sekadar huruf, melainkan menjadi simbol perang yang bahkan lebih menyeramkan dari konflik antara Rusia-Ukraina.

Bukan bagian dari alfabet Cyrillic, huruf Z pertama kali terlihat di sisi tank dan peralatan sebelum invasi bersama dengan huruf lain yakni V, A, X, dan O.

Diduga huruf-huruf tersebut memiliki arti untuk menandakan peralatan Rusia dan kendaraan milter Ukraina yang seringkali tampak mirip.

Baca Juga: Standar Ganda FIFA ke Rusia dan Israel Tuai Kecaman dari Berbagai Pihak, Apa Saja?

Beberapa orang memang berspekulasi bahwa simbol tersebut menjadi cara untuk mengidentifikasi infanteri, sementara yang lain menyarankan bahwa itu memiliki makna yang lebih simbolis.

Kamil Galeev sebagai eks anggota Galina Starovoitova untuk Hak Asasi Manusia dan Resolusi Konflik di lembaga think tank Wilson Center buka suara tentang perihal ini.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x