Partai Aung San Suu Kyi Dibubarkan KPU Myanmar, Junta Militer Myanmar Semakin Kuat?

- 22 Mei 2021, 10:08 WIB
Ilustrasi kudeta Myanmar.
Ilustrasi kudeta Myanmar. /ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.

BERITA DIY - KPU Myanmar yang bentukan Junta Militer membubarkan partai milik Aung San Suu Kyi, Partai Liga Nasional Untuk Demokrasi (NLD) dengan alasan kecurangan.

Seperti tuduhan militer Myanmar sejak awal kudeta, pembubaran NLD masih seputar masalah kecurangan pemilu pada November 2020 silam.

Sebagaimana diketahui, Junta Militer menuduh NLD telah melakukan penipuan hasil pemilu Myanmar. Tuduhan itupun berujung kepada penangkapan Suu Kyi dan Presiden Myanmar, Win Myint oleh militernya sendiri.

Baca Juga: Sembilan Roket Serang Pangkalan Udara Junta Militer Myanmar, Tak Ada Korban Tewas

Usai penangkapan tersebut, militer Myanmar langsung menjadi penguasa negara tersebut dan buru-buru menghapus seluruh jejak NLD di seantero Myanmar.

Sementara itu, juru bicara Pemerintahan Persatuan Nasional, sebuah pemerintahan tandingan junta, mengatakan bahwa tindakan ini hanya akal-akalan militer untuk memperkuat posisinya.

"Pengumuman KPU buatan junta yang melarang NLD adalah upaya yang terang-terangan tidak demokratis untuk memperpanjang kekuasaan militer yang bertentangan dengan rakyat," kata Dr. Sasa, jubir dari pemerintahan tandingan itu dikutip dari Reuters pada Sabtu, 22 Mei 2021.

Baca Juga: Hadiri ALM, Jokowi Sampaikan Harapan Mendalam atas Situasi di Myanmar

Padahal saat pertama kali junta menyampaikan bahwa NLD telah melakukan kecurangan, pihak KPU saat itu menolak tuduhan militer dan menganggap suara yang didapatkan oleh NLD adalah sah.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x