Apa Itu 'Fighter Brand Strategy' yang Dipakai Aqua dan Vit? Ternyata Ini Tujuan Strategi Pemasarannya

- 22 Februari 2022, 10:53 WIB
ILUSTRASI - Ini penjelasan apa itu 'fighter brand strategy' yang digunakan oleh Aqua dan Vit.
ILUSTRASI - Ini penjelasan apa itu 'fighter brand strategy' yang digunakan oleh Aqua dan Vit. /PEXELS/goumbik

BERITA DIY - Simak apa itu 'fighter brand strategy' yang dipakai Aqua dan Vit beserta tujuan strategi pemasaran tersebut.

Baru-baru ini sejumlah pengguna dunia maya terutama di Twitter membicarakan sebuah strategi pemasaran yang disebut dengan 'fighter brand strategy'. Lalu apakah yang dimaksud dengan istilah tersebut?

Orang yang bergerak di bidang usaha tentunya sudah tak asing dengan apa yang dimaksud 'fighter brand strategy'. Apalagi kedua merk air mineral yaitu Aqua dan Vit menggunakan strategi ini.

Baca Juga: Apa Itu Sinbiotik? Simak Contoh dan Cara Membuat

Ternyata, 'fghter brand strategy' merupakan salah satu strategi tertua dalam branding. Diutuip dari Branding Startegy Insider, perusahaan akan membuat brand baru dengan harga murah untuk melindungi merk lama yang premium alias lebih mahal.

Perusahaan yang menerapkan cara ini biasanya tidak mempertimbangkan satu target konsumen tertentu namun secara khusus adalah untuk memerangi pesaing yang mengancam untuk menucuri pangsa pasar dari merek utama perusahaan.

Ketika perusahaan yang membuat 'fighter brand strategy' (disebut dengan perusahaan pejuang) berhasil dalam memasarkan merek baru yang lebih murah laku di pasaran, mereka tak hanya mengalahkan pesain namun juga membuka pasar baru.

Baca Juga: Apa Itu Lemhannas, Lembaga yang Barusan Dilantik Gubernurnya oleh Joko Widodo Pagi Ini

Contoh strategi serupa yang dijalankan oleh perusahaan luar adalah Intel Celeron. Ketika itu perusahaan menciptakan chip Pentiumnya yang sukses di pasaran,

Namun Intel menghadapi ancaman besar selama akhir tahun 90an dari pesaingnya karena menawarkan chip K6 AMD yang lebih murah ke konsumen.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x