Apa Itu Anxiety Disorder? Kenali Gejala, Faktor, dan Cara Menangani Anxiety Disorder Bagi Penderita

- 20 Februari 2022, 17:21 WIB
Ilustrasi penyakit mental anxiety disorder, gejala, faktor, dan cara menangani bagi penderita anxiety disorder
Ilustrasi penyakit mental anxiety disorder, gejala, faktor, dan cara menangani bagi penderita anxiety disorder /PIXABAY/mohamed_hasan

BERITA DIY - Mengalami kecemasan merupakan hal yang wajar apabila dialami sesekali dalam hidup. Namun anxiety kini menjadi topik yang kerap dibicarakan sehingga menimbulkan tanda tanya perihal fenomena anxiety. Baca artikel ini sampai tuntas agar memahami apa itu anxiety disorder, termasuk gejala, dan cara mencegahnya.

Dilansir dari mayoclinic.org, anxiety disorder merupakan gangguan kecemasan berlebih yang memiliki intensitas tinggi dan terus menerus. Seringkali gangguan kecemasan terjadi secara berulang-ulang dari perasaan cemas dan takut terhadap sesuatu.

Bahkan anxiety disorder kadangkala mencapai puncaknya dalam beberapa menit dan menimbulkan kepanikan yang berlebih. Perasaan cemas dan panik yang muncul ini mengganggu aktivitas sehari-hari, dan sulit dikendalikan.

Baca Juga: Buntut Kontroversi Jake ENHYPEN: Netizen Bombardir dalam Siaran Langsung, Penggemar Khawatir Mental Jake

Gejala anxiety disorder dapat dimulai selama kanak-kanak, remaja, bahkan berlanjut hingga dewasa. Biasanya kecemasan tersebut muncul karena ada pengalaman traumatis dimasa lalu. Namun pada beberapa kasus, anxiety disorder muncul secara tiba-tiba tanpa pengalaman traumatis tertentu.

Berikut merupakan gecala anxiety disorder umum yang sering dirasakan.

  • Merasa gugup, gelisah, atau tegang
  • Memiliki perasaan bahaya akan datang, panik atau merasa ada malapetaka yang akan muncul
  • Detak jantung yang meningkat dalam keadaan yang tidak menentu
  • Bernafas dengan cepat dan tidak beraturan
  • Berkeringat
  • Badan gemetar tanpa dapat dikendalikan
  • Sering merasa lemah atau lelah tanpa sebab
  • Sulit konsentrasi karena pikiran terlalu merasa khawatir
  • Sulit tidur
  • Sulit mengendalikan rasa khawatir
  • Memiliki dorongan dalam menghindari hal-hal yang memicu perasaan cemas.

Baca Juga: 4 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental? Simak Penjelasannya

Namun anxiety disorder bukan saja murni karena adanya gangguan mental, melainkan beberapa kasus ada juga kecemasan yang timbul karena disebabkan oleh masalah kesehatan fisik. Namun anxiety disorder memiliki gejala yang bahkan kecemasan yang sulit dikendalikan bahkan terkadang dapat mempengaruhi perasaan secara fisik.

Anxiety disoreder memicu perasaan seolah-olah akan mendapatkan azab, atau jantung yang berdebar debar, dan pada puncaknya terjadi serangan panik yang terjadi dalam beberapa menit. Orang-orang yang memiliki kecemasan sosial, akan ketika bersosialisasi dengan orang lain karena merasa malu, atau takut dihakimi.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x