4 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental? Simak Penjelasannya

- 14 Februari 2022, 06:45 WIB
Ilustrasi menangis. Menangis ternyata tak hanya bisa mengekspresikan emosi, namun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mental seseorang.
Ilustrasi menangis. Menangis ternyata tak hanya bisa mengekspresikan emosi, namun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mental seseorang. /Pixabay/Bob_Dmyt

BERITA DIY - Ternyata menangis tak hanya dapat mengekspresikan emosi. Simak penjelasan mengenai manfaat menangis bagi kesehatan tubuh dan mental seseorang.

Menangis merupakan salah satu bentuk aktivitas tubuh untuk menjaga kelembapan dan kesehatan mata. Selain itu, menangis juga merupakan cara seseorang untuk mengekspresikan emosi dan memproses rasa sakit.

Seseorang umumnya akan menangis dan mengeluarkan air mata ketika mereka merasa sedih, merasakan sakit, atau merasa haru.

Baca Juga: Vaksinasi Terbukti Dapat Kurangi Tingkat Keparahan Omicron, 4 Manfaat Vaksin Covid-19 yang Wajib Diketahui

Air mata yang dikerluarkan saat seseorang menangis berbahan dasar air. Air mata yang dikeluarkan saat menangis memiliki tiga lapisan, yaitu lapisan lendir, air encer, dan minyak.

Lapisan luar yang berminyak berfungsi mencegah air mata mengering terlalu cepat, sedangkan lapisan lendir bagian dalam memungkinkan lapisan air mata menempel pada mata.

Kemudian lapisan air encer yang berada di tengah berfungsi untuk menjaga mata tetap basah, dan memberi nutrisi pada jaringan mata.

Baca Juga: 14 Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh yang Disepelekan, Salah Satunya Mengurangi Stres

Ada tiga jenis utama air mata, yang ditentukan oleh pemicu dan komposisi yang berbeda. Air mata basal dan refleks merupakan jenis air mata yang bertugas melindungi mata dari kotoran atau iritasi.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x