Apa Itu Sinbiotik? Simak Contoh dan Cara Membuat

- 21 Februari 2022, 18:04 WIB
Ilustrasi - Buah nanas merupakan salah satu bahan yang dapat untuk membuat Sinbiotik
Ilustrasi - Buah nanas merupakan salah satu bahan yang dapat untuk membuat Sinbiotik /pixabay.com/jmexclusives

BERITA DIY – Simak berikut ini pengertian dari apa itu Sinbiotik, contoh Sinbiotik, hingga cara atau tips membuat Sinbiotik.

Dikutip dari laman resmi cfns.ugm.ac.id bahwa Sinbiotik dapat diartikan sebagai makanan yang sekaligus memiliki komponen probiotik dan prebiotik, atau dapat diartikan sebagai kombinasi antara probiotik dan prebiotik.

Contohnya: fermentasi oligosakarida pada kolon menghasilkan sejumlah efek fisiologis yaitu meningkatkan populasi bifidobacteria di kolon.

Baca Juga: Ternyata Air Lemon Mengandung Beberapa Manfaat, Salah Satunya bisa Bisa menjadikan Tubuh Ideal

Sinbiotik mengacu pada bahan makanan atau suplemen makanan yang menggabungkan probiotik dan prebiotik dalam bentuk sinergisme.

Konsep Sinbiotik pertama kali diperkenalkan sebagai campuran probiotik dan prebiotik yang menguntungkan mempengaruhi inang dengan meningkatkan kelangsungan hidup dan implantasi suplemen makanan mikroba hidup di saluran pencernaan.

Dengan selektif merangsang pertumbuhan atau dengan mengaktifkan metabolisme satu atau terbatasnya jumlah bakteri yang meningkatkan kesehatan, sehingga meningkatkan kesejahteraan inang.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Nanas yang Belum Banyak Diketahui, Salah Satunya Dapat Melindungi Hati

Pada 2018, penelitian tentang konsep ini masih awal, tanpa bukti berkualitas tinggi dari penelitian klinis bahwa manfaat tersebut ada.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x