7 Manfaat Vitamin C bagi Tubuh dan Cara Konsumsi yang Benar

- 18 Februari 2022, 17:35 WIB
7 manfaat Vmvitamin C bagi tubuh, dan cara untuk konsumsi yang benar/freepik.com
7 manfaat Vmvitamin C bagi tubuh, dan cara untuk konsumsi yang benar/freepik.com / Pixabay/MiraCosic
 
BERITA DIY- Vitamin C adalah vitamin penting yang harus dipenuhi bagi tubuh. Selain memperkuat daya tahan tubuh, vitamin C terbukti telah berperan banyak bagi kesehatan. 
 
Vitamin C merupakan vitamin esensial, dimana tubuh tidak dapat memproduksi vitamin tersebut. Artinya, untuk mencukupi kebutuhan vitamin C, harus melalui makanan atau minuman yang dikonsumsi.
 
Vitamin C banyak ditemukan pada banyak jenis buah-buahan dan sayur-sayuran. Di antara buah yang mengandung vitamin C adalah jeruk, stoberi, dan buah kiwi.
 
 
Sedangkan sayuran yang mengandung vitamin C diantaranya terdapat pada paprika, brokoli, kangkung, dan bayam.
 
Namun sekarang banyak yang akhirnya memilih untuk konsumsi vitamin C melalui suplemen. Hal tersebut tidak dipermasalahkan selama komposisi yang digunakan tidak berbahaya bagi tubuh.
 
Cara untuk konsumsi vitamin C pun penting untuk dipahami. Hal tersebut merupakan langkah untuk mengurangi resiko terlalu banyaknya dosis vitamin dalam tubuh. Sebelum mengonsumsi vitamin C, terlebih dahulu harus dipahami kebutuhan tubuh akan vitamin C.
 
 
Dikutip dari Healthline, asupan harian yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan untuk konsumsi vitamin C adalah 750 mg untuk wanita, dan 900 mg untuk pria.
 
Mengingat betapa pentingnya untuk konsumsi vitamin C, berikut merupakan 7 manfaat vitamin C bagi tubuh.
 
1. Dapat mengurangi risiko penyakit kronis
 
Vitamin C kaya akan antioksidan dan dapat memperkuat daya tahan tubuh secara alami. Daya tahan tubuh yang kuat nantinya dapat melindungi sel dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas.
 
 
Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C secara cukup dapat meningkatkan antioksidan dalam darah hingga 30%. Ini membantu pertahanan tubuh melawan peradangan. 
 
2. Dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi
 
Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa mengonsumsi vitamin C dapat membantu membuat pembuluh darah menuju jantung menjadi kendur, hal tersebut membantu mengurangi tekanan darah.
 
 
Meskipun penelitian ini menjanjikan, namun efek vitamin C pada tekanan darah tidak begitu jelas dalam waktu jangka panjang. Selain itu, penderita tekanan darah tinggi tidak boleh bergantung pada vitamin C sebagai pengobatan.
 
3. Dapat menurunkan resiko penyakit jantung
 
Studi kesehatan menganalisis bahwa orang yang mengonsumsi vitamin C setidaknya 700 mg memiliki risiko penyakit jantung 25% lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsi vitamin C.
 
 
Studi lain menyebutkan bahwa mengonsumsi setidaknya 500mg vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit jantung.
 
4. Dapat mengurangi kadar dan mencegah asam urat dalam darah
 
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi asam urat dalam darah bahkan mencegah serangan asam urat.
 
 
Selain itu, analisis dari 13 penelitian menemukan bahwa mengonsumsi vitamin C selama 30 hari secara signifikan mengurangi asam urat lebih ampuh dari plasebo.
 
5. Membantu mencegah kekurangan zat besi
 
Vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Vitamin C mengubah zat besi nabati menjadi lebih mudah diserap.
 
 
Akibatnya, vitamin C dapat membantu mengurangi risiko anemia karena kekuarangan zat besi. Agar zat besi lebih mudah diserap tubuh, maka sebaiknya konsumsi vitamin C sesuai dengan kebutuhan.
 
6. Meningkatkan kekebalan
 
Salah satu alasan utama orang mengonsumsi vitamin C dalam karena ingin meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin v dapat mendorong produksi sel darah putih yang membantu melindungi tubuh dari infeksi.
 
 
7. Melindungi daya ingat seiring bertambahnya usia
 
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang terkena gejala demensia (daya ingat yang buruk) karena memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah dalam darah.
 
Selain itu, asupan vitamin C yang tinggi juga telah terbukti memiliki efek perlindungan pada pemikiran dan daya ingat seiring bertambahnya usia.
 
Ulasan diatas adalah 7 manfaat mengonsumsi vitamin C. Namun agar manfaat nya lebih terasa bagi tubuh, pastikan cara dan dosis vitamin C tepat dan tidak berlebih.***
 
 

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x