Bantuan BST Rp 300 Ribu per KK PKH Cair Desember Ini, Siapkan KTP dan Akses dtks.kemensos.go.id

- 24 Desember 2020, 10:35 WIB
Cek BST Bansos Rp 300 ribu di dtks.kemensos.go.id menggunakan KTP.
Cek BST Bansos Rp 300 ribu di dtks.kemensos.go.id menggunakan KTP. /Tangkap Layar dtks.kemensos.go.id

BERITA DIY - Bantuan Sosial Tunai atau BST sejumlah Rp 300 ribu per-KK PKH akan cair bulan Desember ini kepada keluarga yang terdaftar dalam Program Keluarga Harapan atau pemegang kartu peserta PKH.

Peserta pemegang kartu PKH dapat melakukan cek apakah bantuan ini telah cair atau belum dengan mengakses laman dtks.kemensos.go.id menggunakan KTP dan memasukkan NIK KTP serta nama terang pada kolom yang disediakan.

Setelah memasukkan NIK KTP dan nama terang, peserta jaminan PKH perlu memasukkan kode yang tertera dalam laman utama untuk dapat melanjutkan pengecekan bantuan lebih lanjut.

Baca Juga: Jangan Lakukan Ini Jika Tidak Mau BLT BPUM UMKM Rp 2,4 Juta Hangus! Berikut Cara Cairkan Bantuan

Baca Juga: Akses dtks.kemensos.go.id untuk Dapat BST Rp 300 Ribu per-KK PKH Bulan Desember Ini

Bantuan BST senilai Rp 300 ribu ini telah cair per-KK PKH bulan ini untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19 yang menyebabkan kelumpuhan ekonomi di berbagai sektor.

Dengan berbagai pertimbangan, mantan Menteri Sosial Juliari Batubara pada November telah mengambil keputusan untuk menambah kuota penerima bantuan sosial sekitar 20.000 ribu KPM PKH lagi.

"Kami memutuskan untuk membuka kuota baru BST sebanyak 20.000-an KPM. Saya minta pemerintah daerah kabupaten/kota untuk bergerak cepat mengajukan datanya," kata Mensos Juliari Batubara di Jakarta (23/11) dikutip dari laman resmi Kemensos.

Pembukaan atau penambahan kuota baru BST ini dilakukan karena masih ada masyarakat terdampak pandemi yang belum tersentuh bantuan sementara jumlah anggaran untuk bantuan yang masih tersedia.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Kemensos RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x